News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cek Wisata Murah Gunung Api Nglanggeran, Bisa Bayar Paket Rp 15 Ribu Saja

Cek Wisata Murah Gunung Api Nglanggeran, Bisa Bayar Paket Rp 15 Ribu Saja



WARTAJOGJA.ID:  Pengelola objek wisata andalan Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, Gunung Api Purba Nglanggeran, turut menyiapkan paket wisata murah meriah menyambut momen libur cuti bersama 28-30 Oktober 2020 ini.

Dengan harga paket wisata Rp 15 ribu per orang, wisatawan bisa menikmati wisata edukasi sambil melihat eksotisme obyek wisata yang diabadikan lewat lagu Banyu Langit oleh almarhum penyanyi Didi Kempot itu.

“Kami sudah menyiapkan paket-paket wisata edukasi untuk pengunjung dengan space yang memadai agar protokol kesehatan untuk antisipasi Covid-19 tetap bisa dijalankan,” ujar Sekretaris Kelompok Sadar Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Sugeng Handoko Rabu 21 Oktober 2020.

Dari paket wisata edukasi yang disiapkan itu misalnya ada paket edukasi Budidaya Kakao dan paket Griya Cokelat ‘Dodol Kakao’ Olahan Produk Kakao.

Pada paket Budidaya Kakao wisatawan diajak belajar bersama petani proses budidaya Kakao yang dilakukan di Nglanggeran. Mulai dari pembibitan, memetik, sampai mengenali proses fermentasinya.

Harga paket Budidaya Kakao ini makin banyak pesertanya makin murah. Untuk peserta minimal 5 orang harga paket nya per orang Rp 50 ribu. Namun jika peserta lebih dari 30 orang, harga paket per orang hanya Rp 15 ribu.

Sedangkan pada paket Griya Cokelat ‘Dodol Kakao’ Olahan Produk Kakao wisatawan diajak belajar bersama membuat dodol kakao dengan para perempuan perajin dari Gunung Nglanggeran. Untuk paket ini, untuk peserta minimal 5 orang harga paketnya per orang Rp 60 ribu. Namun jika peserta mencapai lebih dari 30 orang maka harga per paketnya hanya Rp 20 ribu per orang.

Ada pula paket Peternakan Kambing yakni belajar merawat, memerah susu, proses pengolahan susu kambing, dan mencicipi langsung saat menjadi susu segar dengan harga serupa paket Budidaya Kakao.

Tak hanya itu saja. Gunung Api Nglanggeran juga membuka paket wisata edukasi menarik lain. Seperti paket Batik Topeng dan Kreasi Janur. Untuk paket Batik Topeng wisatawan diajak belajar melukis topeng kayu khas gunung itu dari tahap awal sampai membatiknya. Harga paketnya hanya Rp 50 ribu per orang.

Sedangkan untuk paket Kreasi Janur, wisatawan diajak membuat kreasi dari daun pohon kelapa dengan harga paket Rp 40 ribu per orang jika peserta hanya lima orang dan Rp 20 ribu jika peserta 31-50 orang.

Sugeng Handoko mengatakan paket wisata khususnya Budidaya Kakao dan Griya Cokelat sasarannya lebih kepada kelompok kecil atau keluarga.

“Karena rata-rata wisata keluarga mendominasi di masa pandemi ini, namun tetap melihat juga jumlah wisatawan yang datang ,” katanya.

Sugeng mengatakan pihaknya sendiri belum bisa memprediksi jumlah kunjungan saat libur cuti bersama akhir Oktober nanti. Saat ini yang jadi prioritas pengelola bagaimana penerapan protokol kesehatan bisa tetap ketat saat kunjungan melonjak.

“Keamanan, kenyamanan masyarakat desa dan wisatawan menjadi prioritas utama saat pandemi seperti ini,” katanya. (Cak/Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment