News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Aktif Saat Mahasiswa, Investasi di Dunia Kerja

Aktif Saat Mahasiswa, Investasi di Dunia Kerja


Suasana Seminar Nasional Daring bertema "Dahlan Muda Menginspirasi, Mengapa Harus Berprestasi?"

WARTAJOGJA.ID : Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menggelar Seminar Nasional Daring dengan tema menarik "Dahlan Muda Menginspirasi, Mengapa Harus Berprestasi?", di Kampus Utama UAD, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Kamis 15 Oktober 2020 lalu. Dipandu oleh host Kaprodi Sastra Indonesia UAD dan Mahasiswa Berprestasi UAD Peringkat 5 Tingkat Nasional Tahun 2008 Intan Rawit, S.Pd., M.A, secara online dan live streaming di kanal youtube UAD.

"Webinar menghadirkan mahasiswa berprestasi UAD dari masa ke masa," kata Kepala Bimawa UAD Choirul Fajri, S.S, MA, melalui keterangan tertulis, Senin (19/10).

Mahasiswa Berprestasi UAD Finalis Tingkat Nasional tahun 2009 dan Juri Nasional KDMI Furqanul Hakim, S.S, M.Pd.BI berpesan, mahasiswa saat kuliah harus memiliki kemauan tinggi dan aktif, berani mencoba dan melakukan gebrakan baru. Bersemangat untuk memperoleh bekal yang sebanyak-banyaknya sebelum lulus dan pulang untuk membangun daerah.

“Harus membangun jaringan dan pertemanan untuk menunjang karir, selain menyerap ilmu dari dosen. Aktif di masa mahasiswa, akan mengasah mental dan daya juang. Harus Experience oriented, bukan money oriented. Ini menjadi investasi yang berharga di dunia kerja,” ujar Dosen dan Kepala LPPM STKIP Paracendekia NW Sumbawa ini.

Mahasiswa Berprestasi UAD Finalis 15 Besar Tingkat Nasional Tahun 2016 dan peraih Awarded LPDP di University of Bristol UK Muhammad Iqwan Sanjani, S.Pd menyampaikan, mahasiswa juga harus berani untuk go-internasional berkompetisi dengan mahasiswa asing. Ini dapat mengasah pola pikir yang kritis. 

Antusiasme peserta Seminar Nasional Daring "Dahlan Muda Menginspirasi, Mengapa Harus Berprestasi?" 

“Jangan mudah menyerah. Saya apply beasiswa sebanyak empat kali baru berhasil lolos LPDP. Surat rekomendasi dari dosen dan dikti berkat aktif di mawapres ternyata sangat membantu. Yang penting, harus pandai membagi waktu,” ungkap Iqwan Sanjani.

Mahasiswa Berprestasi UAD Finalis Pilmapres Nasional 2019 Desty Restia Rahmawati, S.Farm mengungkapkan, walaupun dirinya diterima di Jurusan Biologi di PTN Favorit, namun  lebih mantap memilih di Farmasi UAD. Semasa kuliah, dia aktif di kelompok studi farmasi. Juga rajin mengikuti pelatihan penyusunan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

“Semester dua lolos seleksi beasiswa unggulan Kemdikbud. Semakin yakin, dan makin aktif di organisasi kemahasiswaan serta berbagai kompetisi ilmiah, maupun forum ilmiah lainnya. Baik nasional maupun internasional,” terang Desty Restia.

Mahasiswa Berprestasi UAD Peringkat 2 Pilmapres Nasional 2006 milik Ayu Meryka Santoso, S.Psi adalah rekor yang sampai sekarang belum terpecahkan. Prinsipnya, dia Ingin membuat berbeda dimanapun berada. Saat menjadi mahasiswa Psikologi UAD pun, dalam benaknya adalah apa manfaat dan kontribusi dia bagi UAD.

Proses tidak kalah penting dari prestasi. Sebab, bisa menanamkan budaya kompetisi yang di dunia kerja nanti akan sangat berguna. Milikilah totalitas dalam setiap aktivitas. Kegagalan adalah mile stone (tonggak prestasi), sebab balik kegagalan itu ada banyak hikmah, sebagai lompatan untuk strategi yang baru,” jelas Ayu Meryka.

(Rio Ardian)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment