News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kabar Baik: Tracing Covid-19 Soto Lamongan Yogya Rampung, Kapan Buka Lagi ?

Kabar Baik: Tracing Covid-19 Soto Lamongan Yogya Rampung, Kapan Buka Lagi ?


Soto Lamongan Yogya yang tutup akibat penjual sempat tertular Covid-19


WARTAJOGJA.ID : Pemkot Yogya menyatakan bahwa penelusuran kasus penularan Covid-19 di sentra kuliner Soto Lamongan Yogyakarta dinyatakan sudah selesai Senin 14 September 2020.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi mengatakan bahwa seluruh kontak erat dari kasus awal Soto Lamongan itu juga sudah rampung menjalani test swab dengan total positif terakhir 25 orang sejak penelusuran digencarkan akhir Agustus 2020 lalu.

"Saat ini kasus Soto Lamongan sudah selesai tracing dan swab nya Dengan ada upaya pemantauan untuj blocking, jadi tinggal menunggu kesembuhannya semua yang terpapar," ujar Heroe Senin (14/9).

Hanya saja, ujar Heroe, dari 25 orang yang positif dari klaster Soto Lamongan yang berdekatan dengan wahana wisata XT Square itu, telah memakan korban jiwa.
 
"Pada Minggu malam kemarin (13 September), seorang warga yang bertetangga dengan Soto Lamongan  yang sebelumnya dinyatakan positif tertular, meninggal dunia," ujar Heroe.

Heru mengatakan tetangga Soto Lamongan itu berumur 60 tahun, bergejala batuk dan panas, telah menjalani rawat inap di rumah sakit. Ia dinyatakan positif tanggal 4 September dan meninggal dunia13 September 2020.

Kabar baiknya, Heroe menambahkan, dengan selesainya tracing dan swab kontak erat Soto Lamongan, warung yang setiap harinya mampu mengolah 5 kg daging atau minimal menjual 100 porsi soto itu, masih dimungkinkan beroperasi kembali. Tentu saja dengan protokol kesehatan ketat.

"Masih ada kemungkinan buka kembali. Tapi yang jelas saat ini masih menunggu selesainya kasus dari Soto Lamongan itu, sampai yang selama ini masih isolasi mandiri selesai, terutama yang dari pedagang. Kemungkinan buka kembali juga nanti setelah direview ulang kondisinya oleh gugus tugas kecamatan," ujar Heroe. (Had/Nis)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment