News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gedung Grha Padmanaba Segera Dibangun, Patungan Alumni Capai Rp 15 Miliar

Gedung Grha Padmanaba Segera Dibangun, Patungan Alumni Capai Rp 15 Miliar

 

Ketua Panitia Pembangunan Gedung Grha Padmanaba Triyanto dan 
Wakil Ketua Panitia Pembangunan, Jaka Susanta 

WARTAJOGJA.ID : SMA Negeri 3 Kota Yogyakarta atau Padmanaba sedang punya gawe besar seiring hari jadinya ke 78 tahun 2020 ini.

Sebab saat ini, Padmanba tengah menyiapkan pembangunan gedung baru yakni Gedung Grha Padmanaba setinggi 7 lantai.

Gedung tujuh lantai yang menghabiskan dana sekitar Rp15 miliar dan semuanya hasil patungan alumni. Gedung baru itu diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pendidikan siswa sekolah di era modern saat ini.

Ketua Panitia Pembangunan Gedung Grha Padmanaba Triyanto mengatakan, pembangunan gedung ini rencananya dimulai pada Desember 2020 mendatang. “Target kami September tahun depan bisa selesai. Sehingga manfaatnya bisa segera dirasakan oleh siswa dan warga sekitar,” katanya di sela peletakan batu pertama pembangunan gedung itu Sabtu (19/9/2020). 

Triyanto mengatakan, pembangunan gedung ini menghabiskan dana sekitar Rp15 miliar. Dana tersebut seluruhnya dari alumni SMAN 3 Yogyakarta. 

“Pembangunan ini tidak membebani APBD maupun APBN. Jadi murni dari alumni,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa tujuan pelaksanaan pembangunan gedung itu. Seperti menunjang fasilitas pembelajaran bagi siswa sekolah terutama dari SMAN3 Yogyakarta. “Selain itu juga dibangun untuk melestarikan bangunan cagar budaya yang ada,” katanya.

Triyanto berkata, SMAN 3 Yogyakarta yang dipakai saat ini terdapat beberapa bangunan yang merupakan situs cagar budaya. Bangunan-bangunan itu nantinya akan terus dilestarikan dan dihilangkan bangunan baru yang menempel. Sehingga memang benar-benar hanya situs cagar budaya saja yang disisakan.

“Kami pindahkan (fungsi) bangunan yang bukan cagar budaya yang selama ini ada di SMAN 3. Jadi nanti bersih, balik ke bangunan 101 tahun yang lalu. Kami dukung untuk melestarikan cagar budaya,” ucapnya.

Wakil Ketua Panitia Pembangunan, Jaka Susanta menambahkan, Grha Padmanaba akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pembelajaran. “Memakai konsep baru. Nanri ada laboratorium dengan teknologi tinggi. Kemudian ada aula, untuk ruang konser dan aplikasi seni. Jadi nanti bisa dimanfaatkan untuk siswa sekolah di Yogyakarta,” ucapnya. 

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melakukan ground breaking Gedung Grha Padmanaba SMAN 3 Yogyakarta Sabtu (19/9) 

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X juga turut hadir melakukan ground breaking atau peletakan batu pertama untuk pembangunan Gedung Grha Padmanaba SMAN 3 Yogyakarta itu. 

Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, gedung ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa sekolah.

"Harapan saya ya sekalian fasilitas yang dibangun memenuhi harapannya untuk tempat pembelajaran. Nek ora percuma (kalau tidak, percuma). Karena tantangannya beda, ya labnya cukup, kelasnya cukup. Kan gitu," katanya. (Arifin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment