News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemilik Kost Di Yogya Diminta Data Mahasiswa Baru

Pemilik Kost Di Yogya Diminta Data Mahasiswa Baru


ilustrasi kos


WARTAJOGJA. : Pemerintah Kota Yogyakarta meminta para induk semang atau pemilik usaha kos-kosan di Yogya didesak aktif mengawasi mahasiswa asal luar Yogya jelang dimulainya kegiatan perkuliahan pada September mendatang.

Pengawasan itu terutama menyangkut kondisi kesehatan mahasiswa khususnya terkait tingginya potensi penularan Covid-19 yang belum mereda. 

"Kepada pemilik kos, sudah kami beri edaran tata cara menerapkan protokol pencegahan Covid-19," ujar Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakakarta Heroe Poerwadi Senin 3 Agustus 2020.

Dalam edaran itu, ujar Heroe yang juga Wakil Walikota Yogya tersebut, pertama meminta para pemilik kos dan pengurus tiap kampung yang wilayahnya banyak dihuni kos-kosan membentuk tim kecil untuk membantu mahasiswa asal luar Yogya ketika sudah datang.

Tim di kampung kampung ini yang akan mengarahkan mahasiswa asal luar Yogya yang berdatangan mulai Agustus ini melakukan isolasi mandiri.

"Setiap pemilik kos juga wajib mendata dan melaporkan kepada ketua RT/RW atau ketua di kampung terkait keberadaan mahasiswa yang datang untuk monitoring," ujar Heroe.

Jika ada kos-kosan yang lokasinya tidak memungkinkan dilakukan isolasi mandiri, ujar Heroe, Pemkot Yogya sudah berkomunikasi dengan pihak kampus. Agar menyiapkan satu dua ruang kelasnya untuk sementara dipakai sebagai lokasi isolasi mandiri. Dengan mahasiswa menyiapkan segala sesuatunya secara mandiri.

"Kami sudah dialog dengan para rektor kampus di Yogya untuk berkoordinasi soal kedatangan para mahasiswa ini," ujar Heroe

Jumlah mahasiswa di Kota Yogyakarta sendiri ditaksir jumlahnya  lebih dari 200.000. Padahal  penduduk Kota Yogyakarta hanya sekitar 400.000. Jadi separo penghuni Yogya memang mahasiswa.

Pantauan Pemkot Yogyakarta, sebenarnya gelombang kedatangan para mahasiswa sudah terjadi sejak  Juni lalu. Namun Agustus ini diperkirakan gelombang kedatangan itu lebih tinggi karena mendekati masa perkuliahan.

Pemkot Yogya pun telah menyediakan alses bagi para mahasiswa luar daerah untuk skrining mandiri ketika mereka tiba di Yogya. Caranya dengan mengakses layanan corona.jogjakota.go.id.

Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki Corona Monitoring System (CMS) yang memungkinkan memberikan rekomendasi bagi mahasiswa yang melakukan skrining.

Dari layanan skrining mandiri itu,
mahasiswa akan disodori sejumlah  pertanyaan untuk dijawab sesuai kondisi mereka masing-masing. Lalu akan mendapat rekomendasi, apakah mereka dalam keadaan sehat, perlu isolasi mandiri, atau harus segera melakukan pengecekan di fasilitas layanan kesehatan seperti puskemas terdekat.

(GUN)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment