News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelaku UMKM Akan Dapat Bantuan Pemerintah, Ini Besarannya

Pelaku UMKM Akan Dapat Bantuan Pemerintah, Ini Besarannya


Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki saat meninjau Pasar Beringharjo Rabu (5/8)

WARTAJOGJA.ID : Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki melakukan peninjauan di Pasar Beringharjo Yogyakarta Rabu 5 Agustus 2020.

Teten dalam kesempatan itu mengatakan bahwa pemerintah bakal memberikan bantuan sosial yang bersifat hibah kepada 12 juta pelaku UKM dengan besaran Rp2,4 juta.

“UKM selama pandemi COVID-19 sangat terpukul dengan tingkat penjualan menurun hingga 70-80 persen. Upaya pemulihan ini akan berdampak pada perekonomian nasional,” kata Teten usai berkeliling di Pasar Beringharjo, Rabu (5/8).

Pemberian bansos ini diprioritaskan bagi pelaku UKM yang selama ini tidak tersentuh bank (Unbankable). Langkah ini sesuai permintaan Presiden Joko Widodo yang menugaskan Kemen Koperasi dan UKM mempelajari kebutuhan pelaku selama pandemi sehingga diharapkan mereka mampu bertahan dalam mengembangkan usahanya.

“Pemerintah mengevaluasi program ekonomi nasional agar betul cepat berjalan dan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan UMKM,” ucapnya.

Kalangan UKM diprioritaskan menurut Teten karena mereka hampir 99 persen merupakan penompang ekonomi nasional. Tanpa memulihkan UKM terlebih dahulu, pemerintah berkeyakinan pemulihan ekonomi nasional akan sulit dilakukan.

Selain pemberian bansos bersifat hibah, Kementerian tengah menyusun program pembelian produk pangan kalangan UKM yang tidak terserap pasar. Besaran angka pembelian produk masih digodok dan diharapkan membantu pembiayaan.

Tidak hanya itu, pemerintah juga bekerjasama dengan lembaga keuangan Baitul Maalwat Tamwil (BMT) di daerah untuk ikut membantu meringankan masalah keuangan UKM terutama yang berada di pasar-pasar.

“Kita punya program relaksasai penundaan pinjaman atau penundaan pembayaran cicilan. Juga ada subsisi bunga, subsisi pajak,” ucapnya.
Datang pukul 14.30 WIB, Menteri Teten hanya mengunjungi dua kios batik dan satu kios cinderamata. Kepada mereka, Ia mengatakan pemerintah ingin Covid-19 segera berakhir dan ekonomi kembali pulih.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment