News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sultan HB X Dan Kapolda DIY Ikuti Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 Secara Daring

Sultan HB X Dan Kapolda DIY Ikuti Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 Secara Daring

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kapolda DIY, Irjen Pol Asep Suhendar menghadiri Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 di Mabes Polda DIY Rabu (01/07) dok. Humas Protokol Pemda DIY

WARTAJOGJA.ID : Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menghadiri Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 pada Rabu (01/07) di Mabes Polda DIY. Mengangkat tema ‘Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif’, peringatan tahun ini digelar secara online karena pandemi CoViD-19.

Upacara peringatan secara online ini digelar bersama dengan Istana Negara yang dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo. Upacara peringatan di DIY dipimpin oleh Kapolda DIY, Irjen Pol Asep Suhendar dan dihadiri Ketua DPRD DIY, Kajati DIY, Danlanal, dan Danlanud.

Pelaksanaan puncak acara rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara ke 74 berupa upacara yang dilaksanakan serentak secara virtual dan tasyakuran diselenggarakan di gedung Anton Sudjarwo Polda DIY.

Kombes Pol.  P. Yugonarko S.I.K selaku  Kabid TIK Polda DIY dan staf mempersiapkannya pelaksanaan upacara secara virtual dengan menggunakan aplikasi CLOUDX yang dipersiapkan mulai tgl 10 juni 2020 baik untuk polda dan polres jajaran, setting dilokasi acara mulai tgl 13 juni 2020, gladi jaringan dilaksanakan 6 kali dan gladi upacara 2 kali,Alhamdullilah kegiatan berjalan lancar. “ Tuturnya.

Upacara juga dilaksanakan dengan menerapkan standar protokol kesehatan dan dibatasi jumlah personel yang mengikuti. Acara dilanjutkan dengan tasyakuran yang dilaksanakan secara live streaming dari Bareskrim Polri.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol.Yuliyanto S.IK.,M.Sc menerangkan kepada pewarta bahwa sesuai surat telegram Kapolri, ada 2 (dua) Polres Se-Indonesia yang ditunjuk untuk melaksanakan interaksi langsung dengan Presiden. Salah satunya yaitu Polres Gunungkidul. Hal ini menjadi kebanggaan luar biasa. Hari ini Jupiter Aerobatic Team Lanud Adisutjipto, bertindak sebagai flight supervisor komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Bobo Henry Panggabean juga mempersembahkan flypast yang beratraksi di atas Mako Mapolda DIY dengan  aksi yang indah dipandang mata.

Pada kesempatan ini, kami Kepolisian Negara Republik Indonesia, khususnya Polda DIY, mohon doa restu, agar kami bisa melaksanakan tugas dengan baik, dengan amanah, dicintai rakyat, mencintai rakyat, tetap mengayomi dan melindungi masyarakat, amanah dalam menegakkan hukum, profesional, modern dan terpercaya. “ Pungkasnya

Dalam amanatnya, Presiden RI, Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada segenap anggota Polri karena telah menjaga keamanan, ketertiban, dan menegakkan hukum, dalam melayani dan mengayomi masyarakat. Menurut Jokowi, sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh cepat menyerah, apalagi di tengah pandemi saat ini.

“Pandemi ini memang menjadi cobaan yang berat, tapi kita harus terus berikhtiar dan terus bekerja keras mengatasi persoalan kesehatan maupun ekonomi. Dalam kondisi ini, peran Polri sangat dibutuhkan, dari tingkat paling atas hingga ke tingkat paling bawah, untuk aktif mengawal masyarakat agar selalu patuh pada protokol kesehatan,” paparnya.

Ditegaskan Jokowi, keselamatan rakyat menjadi hal yang paling utama. Untuk itu, ia pun mengajak semua pihak untuk memperkuat sinergi dan kerja sama dalam upaya penanganan pandemi. Aspek pencegahan juga harus lebih dikedepankan.

Kepada jajaran Polri, Jokowi mengimbau untuk melakukan reformasi diri agar lebih profesional, karena Polri akan menghadapi tantangan yang makin berat dan komplek ke depannya. Beberapa instruksi lain juga diungkapkan Jokowi, di antaranya Polri harus terus mengamalkan nilai-nilai luhur tri brata dan catur prasetya dan terus melaksanakan strategi proaktif, tindakan prefentif, dan humanis.

“Polri harus terus melakukan reformasi diri dan sistem secara total, menjadi lebih transparan, akuntabel, dan profesional. Polri juga harus meningkatkan pelayanan publik dan penanganan hukum yang adil dan transparan. Hingga Polri juga bisa ikut mendukung pemulihan perekonomian nasional,” imbuhnya.

(Rls/***)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment