News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DPRD DIY Dorong Kinerja BUMD Taruramartani Kian Optimal

DPRD DIY Dorong Kinerja BUMD Taruramartani Kian Optimal


Komisi B Sambangi Kebun Pembibitan yang dikelola Tarumartani di Ngipik Sleman 


WARTAJOGJA.ID: Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan Rb Dwi Wahyu Budiyantoro mendorong agar BUMD Tarumartani diberikan kewenangan secara optimal dalam mengelola cadangan pangan di Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Supaya di tingkat petani yang dilibatkan, bisa terus melakukan produksi karena ada kepastian pasar.

“Kewenangan Tarumartani supaya seoptimal mungkin. Kalau konsepnya dari hulu sampai hilir terkait ketahanan pangan, jadi produksi sampai pemasaran harus dikelola secara komprehensif. Kalau tidak maka petani tidak memproduksi karena tidak punya kepastian pasar,” katanya dalam kunjungannya ke Kebun Pembibitan yang dikelola Tarumartani di Ngipik pada Kamis (2/7).

Ia mengatakan Tarumartani selain BUMD yang memproduksi rokok juga mempunyai kewenangan terkait ketahanan pangan, pendampingan pembibitan, dan menyimpan hasil produksi petani. Seluas lahan sekitar 8 hektare di Ngipik nantinya akan dikelola.

Direktur Tarumartani, Nur Ahmad mengatakan sejak 2019 lalu pihaknya diberikan tugas untuk menyimpangan cadangan pangan DIY.  Kewenangan ini sesuai dengan peruturan pemerintah dan instruksi dari Gubernur terkait setiap daerah harus mempunyai tempat cadangan pangan yang dikelola bersama BUMN atau BUMD.

“Karena BUMN berbayar sekarang BUMD. Kami menyanggupkan tanpa berbayar tapi mohon ijin selama stok sebagian tidak digunakan kami putar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat bersama gapoktan,” ucapnya.

(Arifin.P)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment