News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dapat Ijin, Minggu Esok GBI Yogya Boleh Gelar Ibadah

Dapat Ijin, Minggu Esok GBI Yogya Boleh Gelar Ibadah




WARTAJOGJA.ID : Gereja Baptis Indonesia (GBI) Kuarunia, yang beralamatkan di Jl. Prof.DR. Sardjito mulai hari minggu esok diperbolehkan menggelar kegiatan peribadatan dengan memberlakukan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid 19.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, menyampaikan pada bulan Juli sudah banyak tempat-tempat ibadah yang mengajukan untuk membuka kembali kegiatan di tempat-tempat ibadah.

“Sudah banyak yang mengajukan, untuk itu kami (Pemkot) menerjunkan tim verifikasi untuk mengecek apakah tempat-tempat ibadah sudah melengkapi dengan fasilitas untuk mencegah penyebaran covid, apakah kapasitas juga sudah dikurangi, untuk meminimalisir kerumunan langsung antar jemaat,” katanya, Rabu (15/07/2020).
Selain syarat-syarat tersebut Pemkot Yogyakarta juga mewajibkan tempat-tempat ibadah memiliki satgas covid, yang memiliki tugas yaitu mengawasi, mengatur alur peribadatan akan dilaksanakan.
“Jadi, kita terapkan protokol covid dalam rangka melindungi seluruh masyarakat. Kalau kita taat maka semoga kita dijauhkan dari sebaran covid, hari minggu besok GBI karunia sudah bisa menggelar kegiatan ibadah,” katanya.
Heroe mengatakan dalam minggu ini pihaknya banyak melakukan simulasi-simulasi pembukaan tempat ibadah.
“Selain menggunakan masker dan cuci tangan kita juga harus meminimalisir adanya kerumunan di tempat ibadah,” lanjutnya.
Ia berharap kedepan saat ibadah mulai dilaksanakan GBI memberlakukan satu pintu masuk dan satu pintu keluar untuk mengurangi saling berpapasan antara satu jamaat dengan yang lainnya.
Dalam kesempatan ini Heroe Poerwadi menyerahkan surat keterangan bahwa GBI telah memenuhi protokol kesehatan.
Sementara itu Pendeta Muda Theo Tri Herlambang menyampaikan, kedepan GBI akan memberlakukan beberapa protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, jamaah wajib mengenakan masker, cuci tangan.
“Selain itu, biasanya kami setelah melakukan ibadah ada acara ngeteh bersama, kegiatan itu akan tidak kami lakukan mengingat beresiko untuk berkerumun,” katanya. (Wsp)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment