News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bagi Face Shield Ke Satuan PJR, Dirlantas Polda Jateng : Tak Ada Yang Tahu Kondisi Lapangan

Bagi Face Shield Ke Satuan PJR, Dirlantas Polda Jateng : Tak Ada Yang Tahu Kondisi Lapangan




Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Arman Achdiat menyerahkan face shield sekaligus membrifing jajarannya dalam kunjungan kerja di Juwana, Pati, Kamis (16/7/2020)


WARTAJOGJA.ID : Situasi pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya mereda membuat berbagai pihak mawas diri.

Termasuk jajaran Polda Jateng, yang senantiasa menyerukan upaya kewaspadaan kepada seluruh satuan dalam menghadapi potensi penularan virus saat mengemban tugas di lapangan.

“Tidak ada yang tahu bagaimana kondisi di lapangan. Lebih baik mencegah.Tidak saja memakai masker, polisi jalan raya wajib mengenakan face shield saat berinteraksi dengan masyarakat,” ujar
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol Arman Achdiat SIK MSi di saat menyerahkan peralatan pelindung wajah/face shield kepada Satuan PJR (Patroli Jalan Raya) di Juwana, Pati, Jawa Tengah Kamis (16/7/2020).

Pemberian face shield itu, ujar Kombes Pol Arman menjadi cara untuk menangkis sekaligus meminimalkan petugas lapangan dari risiko terinfeksi virus Covid-19.

“Pelindung wajah langkah paling ideal mencegah penyebaran virus corona atau SARS CoV-2 mengingat cakupan perlindungannya luas. Masker dan face shield pelindung terbaik menghindari virus corona di samping menjaga jarak dan rutin mencuci tangan menggunakan sabun,” tandas Kombes Pol Arman Achdiat.

Face shield atau pelindung wajah cara terbaik mencegah infeksi virus corona. 

Jauh hari piranti ini sudah diadopsi petugas kesehatan menjalani berbagai prosedur medis, seperti pembedahan yang berpotensi menyemburkan darah atau cairan tubuh pasien. 

Dengan face shield area dahi, mata, hidung dan mulut terhindar dari percikan maupun kontaminasi virus langsung dari orang lain.

Itu sebabnya Arman Achdiat menganggap perlu membekali peralatan tambahan untuk melindungi anggota yang bertugas di jalan raya seiring kemungkinan terjadinya penyebaran virus selain melalui droplet.

"Upaya maksimal pantas dikedepankan mengingat PJR adalah organ terdepan di jajaran Ditlantas sekaligus paling rentan terpapar virus Covid-19," tegas Kombes Pol Arman Achdiat. 

Patroli Jalan Jaya (PJR) berada di bawah direktorat lalu lintas. 

Bertugas bukan saja menjalankan patroli di jalan raya, tapi juga pengendali arus lalu lintas untuk mencegah serta meniadakan segala bentuk gangguan serta ancaman guna menjamin keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran lalu lintas.

Arman Achdiat mengemukakan satuan PJR juga bertugas melaksanakan penindakan pelanggaran lalu lintas dan penanganan pertama TKP kecelakaan lalu lintas di sepanjang jalan yang menjadi tanggungjawabnya. 

Selain itu juga menindak kriminalitas di sepanjang jalan atau melalui jalan tempat kejadian perkara, namun penanganannya diserahkan ke satuan lain seperti Reskrim atau Polres.

(Rls/Ad)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment