News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Covid, Ada Program Cantelan Sembako Bantu Warga Di Karangwaru Tegalrejo

Covid, Ada Program Cantelan Sembako Bantu Warga Di Karangwaru Tegalrejo





WARTAJOGJA.ID : Dampak pandemi covid 19 dirasakan warga masyarakat berbagai lapisan. Namun demikian banyak juga elemen masyarakat yang peduli membantu warga yang terkena dampak covid 19. RW 05 Blunyahrejo, Karangwaru, Tegalrejo Yogyakarta patut dicontoh oleh RW - RW lainnya di Kota Yogyakarta. 

Guna membantu warga masyarakat terdampak covid, RW 05 Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta dibawah pimpinan ketua RW Drs Hj Sunarti MPd memiliki program cantelan dan pembagian sembako kepada warga terdampak Covid 19. 

Program cantelan adalah program bantuan sayuran yang ditaruh di halaman rumah warga di " cantelan " pagar rumah warga. 

Warga yang membutuhkan sayuran untuk masak setiap harinya tinggal mengambil tanpa dipungut biaya alias gratis. Sementara itu program pembagian sembako dilakukan secara bertahap. 

Ketua RW 05 Sunarti mengatakan, dana yang digunakan untuk program cantelan dan pembagian sembako tersebut berasald ari para donator warga RW 05. Pada tahap pertama pengumpulan dana dari para donator terkumpul 15 juta rupiah lebih dan telah dibelanjakan untuk 210 paket sembako. 



" Pembagian paket sembako tahap pertama dilakukan tanggal 7 mei 2020 yang membagikan 210 paket sembako. Pembagian paket sembako tahap kedua dilakukan hari ini,  hari Minggu (7/6/2020) sebanyak 220 paket sembako," ungkap Dra Hj Sunarti MPd disela - sela pembagian sembako.

Lebih lanjut Dra Hj Sunarti MPd mengatakan, pengurus RW 05 Blunyahrejo tak kenal lelah menghubungi para donatur untuk kembali membantu  para tetangga warga RW 05 yang terdampak covid.


" Sebagai warga negara yang baik kita harus membantu menangani pandemi covid 19 termasuk membantu yang terdampak covid. Kita tidak boleh menggantungkan bantuan pemerintah. Kita harus aktif membantu warga di sekitar kita. Oleh karena itulah kinta jalankan program cantelan untuk membantu sayuran dan program pembagian sembako. Dalam menjalankan program ini pengurus RW bekerja sama bahu membahu dengan pengurus PKK," terang Sunarti.

Dra Hj Sunarti MPd menambahkan di RW 05 Blunyahrejo ada 5 rt. Dari jumlah tersebut ada 3 rt yang warganya banyak terdampak covid 19 sehingga warga rt lainnya membantu.

" Inilah yang dinamakan subsidi silang. Bantuan tidak harus banyak namun yang terpenting semua bisa saling membantu dan saling  memperhatikan. Alhamdulillah masih banyak warga yang ingin membantu sehingga program ini bisa berjalan terus selama pandemi covid berlangsung," ujarnya.

Sementara itu, Sugianto Saputro selaku penasihat RW menyampaikan apresiasi terhadap pengurus RW 05 yang telah menggulirkan program cantelan dan pembagian sembako untuk warga terdampak covid 19. Program ini sangat baik sekali untuk membantu warga yang terdampoak covid secara ekonomi.


" Kami bisa merasakan bagaimana sulitnya menjadi ketua rt dan ketua RW dimasa pandemi covid ini. Mereka harus rela meluangkan waktu dan tenaga serta pikiran bahkan dana untuk membantu warga yang terdampak covid secara ekonomi. Oleh karena itu, kami selaku sesepuh hanya mengucapkan terima kasih atas kerja kerasnya," ungkap Sugianto Saputro dalam sambutannya di acara pembagian sembako RW 05 Blunyahrejo Karangwaru tegalrejo Yogyakarta.

Program bantuan sosial seperti ini menurut Sugianto Saputro harus didukung sepenuhnya dan terus digulirkan untuk membantu sesama. 

" Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam program RW 05 Blunyahrejo dalam membantu warga terdampak Covid. Termasuk dalam pengelolaan posko penanggulangan covid. Aksi mulia berbagai pihak yang telah membantu warga terdampak covid akan mendapatkan balasan yang berlipatd ari Tuhan Yang Maha Esa," pungkas Sugianto. 

(Rls/Cak)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment