News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Alun-Alun Utara Keraton Yogya Bakal Dipagar Keliling

Alun-Alun Utara Keraton Yogya Bakal Dipagar Keliling

 Alun-Alun Utara Yogya



WARTAJOGJA.ID :  Salah satu spot favorit wisatawan yang lokasinya persis di depan Keraton Yogyakarta, Alun-Alun Utara rencananya bakal dipasangi pagar di sekelilingnya tak lama lagi.

Pemagaran Alun-alun Utara itu sebagai bagian penataan dan pelestarian cagar atau warisan budaya.

Raja Keraton Yogyakarta yang juga Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menuturkan jika pemberian pagar itu tahapannya mulai Juni ini sudah sosialisasi kepada warga sekitar, terutama di area Kecamatan Keraton Kota Yogyakarta.

“Tujuan diberi pagar itu untuk mengembalikan kondisinya seperti semula. Dulu awal ada, alun-alun itu memang semula dipagari,” kata Sultan Senin 8 Juni 2020.

Sultan menuturkan, di komplek Keraton, dulu tidak hanya Alun-Alun saja yang dipagari. Namun juga kawasan sekitarnya masing-masing memiliki batas semacam pintu gerbang. Seperti kawasan menuju ke Rotowijayan, Yudonegaran, atau juga ke utara arah Kantor Pos Yogyakarta juga ada pagar.

“Lalu pagar pagar itu dihilangkan karena berganti jumeneng (kekuasaan) dan jaman sehingga seperti sekarang,” ujarnya.

Meski Alun-Alun Utara itu bakal dipagari, tak lantas tertutup total bagi wisatawan yang menyambangi. Sultan mengatakan tetap ada pintu masuk untuk akses masyarakat umum yang hendak masuk.

Misalnya ketika ada upacara adata seperti Gerebeg.

Informasi soal sosialisasi pemagaran Alun-Alun Utara sendiri sebelumnya sudah beredar di aplikasi media percakapan.

Sebuah surat ber-kop Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tertanggal 5 Juni 2020 menyebutkan tentang sosialisasi pembangunan pagar Alun-alun Utara Keraton Ngayogyakarta itu.

Dalam surat itu disebutkan sebagai bagian upaya pelestarian bangunan cagar budaya dan warisan budaya Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, serta menjaga bersama dalam pemeliharaan warisan budaya maka Gusti Kanjeng Ratu Condrokirono selaku Penghageng Kawedanan Hageng, Panitrapura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, akan mengadakan penataan area Alun-alun Utara.

Alun-Alun Utara Yogya sendiri menjadi favorit wisatawan untuk berkumpul dan berfoto dengan latar belakang Keraton Yogyakarta. Jika malam, suasana kawasan itu juga riuh untuk muda mudi nongkrong sembari menikmati jagung bakar dan wedang ronde yang dijajakan pedagang kaki lima.

(Rls/Cak)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment