News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rumah Pangan Kita, Upaya Bangun Kemandirian Warga Di Masa Pandemi

Rumah Pangan Kita, Upaya Bangun Kemandirian Warga Di Masa Pandemi





WARTAJOGJA.ID : Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Oleg Yohan menyatakan di masa pandemi Corona ini kebutuhan pangan menjadi hal dasar selain kesehatan yang juga patut menjadi perhatian bersama khususnya pemerintah.

Terlebih wabah ini membuat peregerakan perekonomian melambat. Sehingga perlu cara cara cerdas dan efektif bagaimana membuat masyarakat terdorong perekonomiannya, tetap aman dari potensi penularan, sekaligus tercukupi kebutuhan pangannya.

“Kebutuhan pokok seperti pangan seharusnya memang tetap.menjadi perhatian utama, sembari menangani wabah ini sampai tuntas, ” kata Oleg di sela peluncuran program RPK di Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta pada Kamis 14 Mei 2020.

Oleg mengatakan program yang diinisiasi pihaknya ini berupa warung kelontong yang berada di perkampungan. Barang-barang berupa bahan pokok seperti beras, didapatkan langsung dari Badan Urusan Logistik (Bulog).


“Sehingga harganya berbeda dengan yang ada di pasar. Masih standar harga pemerintah. RPK ini sekaligus bisa mengendalikan harga bahan pokok di masyarakat,” kata politikus Nasional Demokrat (Nasdem) itu.

Oleg mengatakan RPK ini bisa menjadi lumbung pangan warga di sekitarnya. Sebab, menurutnya tidak mungkin masyarakat akan terus menggantungkan keperluan kebutuhan pokoknya dari bantuan pemerintah.

“Tidak harus serta merta menerima bantuan terus. Ini bisa menjadi lumbung pangan di masyarakat,” katanya.

Oleg menyebut RPK baru dimulai pada awal Mei 2020. Diharapkan ke depan bisa merata di setiap kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta.

“Saat ini baru ada 9 RPK di 3 kecamatan,” katanya.

Oleg menuturkan dengan keberadaan RPK itu warga Kota Yogyakarta tak perlu khawatir mengenai kecukupan pangan di masa pandemi ini. Terlebih harga barang yang dijual adalah harga yang sesuai standar pemerintah, bukan harga pasar.


"Jadi warga tak terbebani pengeluaran belanjanya selain lokasinya dekat dan terpenuhi kebutuhannya," kata dia.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi yang turut meresmikan beroperasinya RPK itu mengapresiasi karena program itu bisa menjadi solusi efektif di masa pandemi ini.

Heroe mengatakan Yogya cukup kaya dengan potensi sebagai pemasok kebutuhan pangan di pasar karena sebagaian warga ada yang memang memproduksinya. Seperti kampung sayur dan lainnya.

Menurut Heroe konsep RPK ini menjadi mimpi yang terwujud karena menghadirkan toko kebutuhan di tetangga sendiri.

"Adanya RPK seperti ini kami harapkan bersinergi dengan masyarakat sehingga yang menyuplai barang dan yang memproduksi dimudahkan pemasarannya," ujar Heroe.

(Wit/Sam)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment