News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PDIP DIY : Pemda Perlu Responsif Jalankan Protokol Covid-19

PDIP DIY : Pemda Perlu Responsif Jalankan Protokol Covid-19





WARTAJOGJA.ID: Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD P-DIP) DIY, meminta kepada Pemda setempat untuk lebih responsif dan tegas dalam menjalankan berbagai tindakan konkret dalam penanganan pandemi Covid-19.

Hal itu menyusul masa tanggap darurat bencana Covid-19 yang hampir berakhir yakni pada 29 Mei mendatang (14 hari). Sementara, temuan kasus terkonfirmasi positif di wilayah setempat masih menunjukkan angka yang meningkat.

"Dalam kurva pandemi, DIY masih mengalami fase kenaikan dengan terus bertambahnya kasus positif Covid-19. Ini berarti sistem kesehatan daerah, kebijakan yang diambil, dan kedisiplinan masyarakat belum sepenuhnya mampu mengendalikan kecepatan penyebaran penyakit," kata Sekretaris DPD PDIP DIY, GM Totok Hedi Santosa dalam keterangannya, Jumat (15/5).

Totok menyatakan, selama ini pun kerjasama antara Pemda, masyarakat sipil dan juga swasta masih belum optimal. Ditambah pula dengan minimnya kecepatan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang belum berjalan efektif, sehingga diperlukan perpanjangan masa tanggap darurat sambil konsisten menerapkan protokol penanganan Covid-19 secara ketat mulai sampai ke tingkat terbawah.

"Melihat perkembangan situasi di lapangan sangat perlu untuk dilakukan perpanjangan masa tanggap darurat Covid-19 sambil ketegasan tindakan petugas di lapangan juga harus lebih keras diberlakukan," urai dia.

Pemda disebut juga punya sumber daya yang mencukupi untuk melaksanakan itu, semisal dengan bantuan Satlinmas, Tagana, dan petugas lainnya guna memperkecil penyebaran virus dan mempercepat proses penanganan Covid-19.

Di sisi lain, pihaknya juga meminta agar bantuan sosial agar didistribusikan secara merata. Pendataan mesti dilakukan secara cermat dan valid. Jangan sampai data dan penyaluran bantuan sosial centang perenang dan salah sasaran.

"Hal ini mendesak karena jaminan ketersediaan pangan adalah mutlak sebagai jaminan hidup masyarakat. Di masa sulit seperti sekarang, ketahanan ekonomi keluarga menjadi sangat penting dan perlu bantuan sosial dari pemerintah," katanya.

(Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment