News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Anggaran Renovasi Mandala Krida Rp.60 Miliar Sepenuhnya Untuk Covid

Anggaran Renovasi Mandala Krida Rp.60 Miliar Sepenuhnya Untuk Covid

WARTAJOGJA.ID : Anggaran sebesar Rp 60 miliar yang dialokasikan Pemerintah DIY untuk merenovasi Stadion Mandala Krida dalam menyongsong Piala Dunia U-20 pada 2021 telah dialihkan sepenuhnya untuk menangani wabah Covid-19.

"Anggaran untuk renovasi Stadion Mandala Krida itu saat ini sudah dipakai untuk menangani wabah Covid-19," kata Kepala Balai Pemuda dan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DIY Eka Heru Prasetya 8 Mei 2020.

Seluruh rencana kegiatan renovasi stadion yang selama ini menjadi markas klub Liga 2 PSIM Yogya itu juga praktis dihentikan dan belum diketahui kapan akan dilanjutkan.

Eka mengatakan dengan dialihkan dana renovasi tersebut, otomatis tak ada lagi pos anggaran untuk menggarap renovasi stadion yang sudah direncanakan.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sejak pertengahan April lalu telah mengusulkan ke DPRD DIY agar rencana renovasi Stadion Manda Krida dihentikan karena pandemi Corona.

Sebab sebagian dana APBD DIY akan difokuskan untuk penanganan wabah yang besar kebutuhannya. Pemerintah DIY sejauh ini telah melakukan rasionalisasi anggaran hingga Rp 700 miliar dari seluruh pos untuk khusus menangani Covid-19.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji menuturkan untuk kelanjutan renovasi Mandala Krida akan menunggu hasil konsultasi dengan pihak FIFA dan PSSI.

Renovasi Mandala Krida sendiri awalnya akan menyasar sejumlah pekerjaan utama sesuai rekomendasi PSSI dan FIFA untuk venue Piala Dunia.

Seperti pemasangan lampu, bangku tunggal, pemasangan papan skor digital, penambahan ruang ganti pemain sampai renovasi ruang ganti wasit.

Ketua Umum Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY, Ahmad Syauqi Soeratno mengatakan pihaknya sangat memahami pengalihan anggaran itu.

"Kami bisa memahami pengalihan anggaran itu, karena penanganan Covid-19 memang membutuhkan biaya besar," katanya.

Syauqi mengungkapkan sampai saat ini juga belum ada keputusan mengenai stadion mana saja yang dipilih untuk menjadi venue Piala Dunia U-20.

"Bila nanti telah ada kepastian dari FIFA kalau Stadion Mandala Krida Yogya tetap ditunjuk sebagai venue Piala Dunia U-20, kami akan kembali berkoordinasi dengan dengan Pemda DIY,” ujarnya.

Stadion Mandala Krida Yogyakarta sendiri sebelumnya sudah ditunjuk FIFA sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2021 bersama lima stadion lain.

Yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten l Wayan Dipta Gianyar.

(VIN/Bro)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment