News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

3 Syarat Wisata Yogya Buka Kembali Pasca Pandemi COVID-19

3 Syarat Wisata Yogya Buka Kembali Pasca Pandemi COVID-19




WARTAJOGJA:  Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo mengungkapkan sejumlah faktor yang menjadi prasyarat pembukaan kembali pariwisata DIY yang saat ini luluh lantak gegara wabah Covid-19.

"Terkait dengan kapan dibukanya kembali destinasi wisata di DIY, tentunya tetap memperhatikan 3 aspek utama," ujar Singgih Jumat (22/5).

Tiga aspek utama itu pertama yakni kesiapan baik destinasi maupun SDM dan melihat situasi kondisi perkembangan Covid-19. Kedua ketika grafik kasus pandemic COVID-19 telah landau atau mengalami penurunan.

"Dan terpenting ada rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY," kata dia.

Adapun dalam rangka menyiapkan kondisi pariwisata pasca Pandemi COVID-19, Dinas Pariwisata DIY Bersama GIPI DIY tengah menyiapkan pemenuhan standar kebersihan, kesehatan, keamanan yang akan diberlakukan di semua industri pariwisata dan destinasi wisata di DIY.

Beberapa kegiatan yang sedang berlangsung dan akan dilaksanakan antara lain : Pembersihan destinasi wisata, Perbaikan fasilitas di destinasi wisata, Penambahan fasilitas kebersihan, Penyediaan fasilitas cuci tangan, Peningkatan Kualitas SDM dengan Pelatihan Online (Marketing, Manajemen Pengunjung, Pemanduan).

Adapula Penyusunan SOP Standar Protokol Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan untuk Akomodasi, Restoran, Transportasi, Destinasi dan Event, Sosialisasi dan Uji coba SOP standar protokol kebersihan, kesehatan dan keamanan
Penyiapan SOP Industri Pariwisata DIY meliputi Kesiapan dari Hotel, Restoran, Transportasi, Pemandu dan Destinasi Wisata dalam menerima atau  melayani wisatawan dengan berpedoman pada Protokol Kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Selain itu sebagai persiapan untuk Menghadapi masa The New Normal, Dispar DIY  juga melakukan penyiapan informasi berupa penyiapan konten video yang berisi serangkaian kegiatan kesiapan di destinasi/desa wisata, bagaimana industri pariwisata mendemonstrasikan keseriusan dalam menyiapkan higiene dan sanitasi dengan serius.

Selain itu, langkah Pemda DIY dalam penyiapan the new normal adalah memberikan stimulus pemasangan wastafel di 50 destinasi/desa wisata di DIY dengan pola padat karya masyarakat didestinasi dan desa wisata tersebut.

(Vin/Ard)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment