News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Segini Besar Jatah Hidup Warga Yogya Terdampak Corona

Segini Besar Jatah Hidup Warga Yogya Terdampak Corona

WARTAJOGJA.ID : Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berencana memberikan jaminan hidup bagi kelompok rentan terdampak Corona sebanyak dua kali selama April hingga Mei 2020. 

Usai pembahasan bersama DPRD DIY 1 April 2020, skema anggaran untuk jatah hidup yang disiapkan berubah dari sebelumnya Rp 300 ribu menjadi Rp 675 ribu per keluarga. 

Tak hanya itu alokasi jatah hidup yang awalnya untuk 10 ribu keluarga miskin dinaikkan alokasinya menjadi 19.200 keluarga.

Sekretaris DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan nominal jatah hidup itu masih menyesuaikan dengan yang akan diberikan Pemerintah Pusat. 

“Kami tetap menunggu arahan pusat soal jatah hidup itu. Kalau misalnya pusat sudah memberikan berarti  kami akan mengalokasikan bentuk lain," ujar Aji Rabu 1 April 2020.

Dalam rancangan yang disiapkan Pemda DIY, ujar Aji, jatah hidup akan diberikan kepada 19.200 keluarga di wilayah DIY dengan jumlah total 38.400 paket selama April hingga Mei 2020.

Nominal masih bisa berubah dengan menyesuikan pusat. Kalau misalnya Pemerintah Pusat memberikan alokasi Rp 500 ribu per keluarga, maka Pemda DIY akan memberikan kekurangannya.

" Kami masih bahas apakah jatah hidup akan diberikan dalam bentuk uang atau barang, " ujarnya.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mendorong Pemda DIY untuk segera melakukan penyelarasan perencanaan dan anggaran percepatan pencegahan dan penanganan Covid 19 di DIY.

"Dalam pembahasan dengan Pemda DIY ada rencana anggaran penanganan darurat Covid19 DIY Rp.26,9 miliar," kata Eko.

Terkait anggaran ini, ujar Eko, Pemda DIY bersama Gugus Tugas harus lakukan penyelarasan perencanaan dengan mengkoordinasikan pemda kabupaten/kota hingga tingkat desa/kelurahan. 

"Guna menambah kekuatan fiskal, kami rekomendasikan juga Pemda menggalang dana CSR (corporate social responsibility) dari perusahaan yang ada", ujar Eko.

PRI

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment