News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Empat Tenaga Kesehatan RSUP Sardjito Positif Covid-19

Empat Tenaga Kesehatan RSUP Sardjito Positif Covid-19


WARTAJOGJA.ID: Empat orang tenaga kesehatan yang terdiri dari 3 dokter dan 1 perawat RSUP Dr Sardjito diketahui positif terpapar Virus Covid-19. Saat ini pihak rumah sakit pun mewajibkan seluruh pasien untuk mengenakan masker saat hendak berobat.

Banu Hermawan, Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito membenarkan adanya empat tenaga kesehatan yang positif Covid-19. Namun begitu menurut Banu, keempatnya tertular bukan karena menangani pasien namun lantaran kontak dari luar daerah.
“Ada empat nakes kami yang terpapar, positif Covid-19 yakni tiga orang dokter dan satu orang perawat. Namun digarisbawahi, seluruhnya tertular dari luar daerah bukan karena transmisi lokal di rumah sakit,” ungkap Banu pada wartawan Senin (20/4/2020).

Sampai hari ini menurut Banu tinggal seorang dokter dan seorang perawat yang menjalani perawatan di rumah sakit. Keduanya diketahui masih positif sehingga belum diperkenankan keluar dari ruang isolasi.

“Yang dua dokter sudah diperbolehkan pulang karena sudah negatif, sementara satu dokter ini kita swab ulang sampai tiga kali masih positif. Sudah kita rawat selama dua minggu ini dan secara klinis sudah membaik, untuk perawatnya baru satu minggu ini kita lakukan perawatan,” sambung dia.

Sardjito pun kini memberlakukan prosedur ketat untuk pasien yang hendak berobat yakni wajib mengenakan masker. Apabila ada pasien yang datang tanpa masker, pihak rumah sakit akan langsung memberikan dan melakukan pengecekan suhu tubuh.

“Kalau panas tubuhnya di atas normal kita langsung rujuk ke poli Covid. Di sini kami harapkan pasien yang hendak berobat ke Sardjito harus sudah mengenakan masker,” tegas Banu.

Sampai Senin (20/4/2020 hari ini, Sardjito masih merawat 19 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di mana 5 diantaranya positif. Seluruhnya mendapat perawatan intensif di ruang isolasi namun akan terus diupdate lantaran kini rumah sakit sudah memiliki alat tes cepat PCR meski jumlahnya terbatas.

(Bht/Drl)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment