News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

2 Beruang Madu Dikabarkan Lepas Di Kulon Progo

2 Beruang Madu Dikabarkan Lepas Di Kulon Progo


             beruang madu (wikipedia)

WARTAJOGJA.ID : Dua ekor beruang madu dikabarkan lepas dari kandangnya di Kulon Progo Yogyakarta Rabu 29 April 2020.

Sempat beredar pesan berantai yang menyebut satwa beruang madu (Helarctos malayanus) terlepas dari kandangnya di Kulon Progo, Yogyakarta. Warga sekitar diminta waspada terhadap satwa ini. Begini isi pesan berantai tersebut.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Selamat Malam. Mohon maaf, diinformasikan kepada masyarakat Kulon Progo, khususnya daerah Pengasih, Nanggulan, Sentolo dan sekitarnya.
Pada hari ini -+ pukul 18.00 WIB salah satu satwa rehabilitasi Wildlife Rescue Centre Jogja (ex. PPSJ) terlepas dari kandang, yaitu *Satu Ekor Beruang Madu/ _Sunbear_* dan proses pencarian sedang dilakukan..
Diharapkan kepada seluruh masyarakat Kulon Progo agar tetap tenang dan berhati-hati.
*Apabila melihat satwa tersebut tindakan yang dapat dilakukan yaitu menjauh dan pastikan berada pada posisi yang aman kemudian segera hubungi pihak terkait - WRC Jogja.

Saat dikonfirmasi, Wildlife Rescue Center (WRC) membenarkan hal itu. WRC menyebut dua beruang madu atau Sun bear yang berada di WRC Pedukuhan Paingan, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, diketahui lepasdari kandangnya pada Rabu, 29 April 2020 sekitar pukul 17.30 WIB.

Kemungkinan beruang tersebut lepas dari kandang dikarenakan setelah dikasih makan sekitar pukul 16.30 pintunya lupa dikunci.

Petugas Wild Life Rescue, Sujarwo dalam pesan yang banyak beredar di grup WhatsApp mengatakan, Beruang yang lepas ada 2 ekor, dengan jenis kelamin jantan berusia sekitar 9 tahun dan berjenis kelamin betina dengan usia 7 tahun. Pada sekitar pukul 17.30 WIB, beruang madu betina sudah berhasil tertangkap dengan dijaring oleh petugas di depan WRC.

Sedangkan beruang madu Jantan belum tertangkap. 

"Kemungkinan beruang tersebut lepas dari kandang dikarenakan setelah dikasih makan sekitar pukul 16.30 pintunya lupa dikunci," katanya, Rabu, 29 April 2020 seperti dikutip dari tagar.id

Sementara itu, Kepala BKSDA DIY, Wahyudi mengatakan, pihaknya sudah mengirim petugas untuk turut serta melakukan pencarian. Kepada masyarakat, diimbau agar tidak perlu panik, karena petugas dari BKSDA dan WRC sudah turun untuk melakukan pencarian.

"Masyarakat diimbau waspada. Juga diharap segera melaporkan apabila melihat atau mengetahui beruang tersebut," ujarnya.
Wahyudi menjelaskan, posisi beruang yang lepas sudah di ketahui posisinya dan sedang dalam proses untuk di tangkap. Alat bius sudah disiapkan namun karena jarak belum efektif jadi masih mau dicoba dengan jaring terlebih dahulu. 

Hingga berita ini diturunkan, proses penangkapan masih berlangsung. "Posisinya sedang diatas pohon sekitaran WRC," katanya.  

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment