News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ganjar Pranowo Persilakan Investor Masuk, Asal Jaga Lingkungan

Ganjar Pranowo Persilakan Investor Masuk, Asal Jaga Lingkungan

WARTAJOGJA.ID: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyebut tiga hal yang memicu Jawa Tengah banyak diincar investor yakni Sumber Daya Manusia bagus, keamanan kondusif, dan iklim investasi bagus. Meski diincar investor, tidak serta merta mereka bisa berbuat seenaknya. Ganjar pun tegas meminta para investor menjaga kelestarian lingkungan.
"Ketika tidak ada korupsi, investasi murah dan cepat, investor datang sendiri. Saya minta investor ikut menjaga dan mengendalikan lingkungan agar tidak tercemar," kata dia UMY Government Gathering di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Selasa (18/2).

Ganjar menyampaikan, usaha-usaha yang dilakukan untuk memerangi pencemaran Sungai Bangawan Solo. Ia telah memanggil pihak-pihak yang berada di sepanjang sungai Bengawan Solo. Hasilnya, banyak yang membuang limbah ke Sungai Bengawan Solo, dari usaha ciu, ternak babi, batik, hingga tekstil.
Ia pun telah mengancam, jika masih ada pembuangan limbah ke Bengawan Solo, penegakan hukum akan dilakukan. Ia mengatakan, pihak-pihak yang selama ini membuang limbah ke Bengawan Solo telah berjanji akan mengolah limbah mereka.

Dalam pembangunan di Jawa Tengah, pihaknya melibatkan berbagai elemen masyarakat. Korupsi menjadi hal yang diperangi hingga berbuah hasil Jawa Tengah menjadi provinsi yang berintegritas.
Rektor UMY, Gunawan Budiyanto mengatakan, kegiatan tersebut untuk memfasilitasi kepala daerah dalam menyampaikan kebijakan yang telah mereka lakukan dalam forum ilmiah. Ia pun mengajak semua pihak yang pro dan kontra  untuk hadir. "Silahkan demonstrasi, tetapi masuklah ke ruangan dan sampaikan dengan pendapat dengan ilmu. Itu proses learning," kata dia. 

Kepala Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional UMY, Eko Priyo Purnomo menambahkan, "Kita ingin tahu kontribusi pemerintah yang berorientasi kepada kelestarian lingkungan untuk mencapai keberlangsungan hidup masyarakat yang ideal," pungkas dia. (Don/Sup)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment