News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FoodBox, Layanan Makan Gratis Untuk Keluarga Pasien RS Sardjito

FoodBox, Layanan Makan Gratis Untuk Keluarga Pasien RS Sardjito


WARTAJOGJA.ID : Seratus nasi kotak kini tersedia secara gratis di RSUP dr Sardjito Yogyakarta. 

Makanan tersebut disajikan cuma-cuma bagi para keluarga pasien yang tengah menunggu kerabatnya di rumah sakit tersebut. Selain makanan gratis, para penunggu pasien juga dapat bebas mengambil air mineral yang bisa diambil bersama dengan nasi kotak.

Program baru ini disebut FoodBox yang digagas kitabisa.com, platform penggalangan dana online terbesar di tanah air. Dalam FoodBox ini nantinya tersedia seratus nasi kotak gratis yang akan disajikan pada hari Senin hingga Jumat.

Public Relations kitabisa.com, Fara Devana mengatakan RSUP dr Sardjito menjadi lokasi ketiga ditempatkannya FoodBox di tanah air. Sebelumnya FoodBox juga telah terpasang di RS Evasari dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

“Sempitnya kesempatan untuk meninggalkan pasien serta sulitnya biaya untuk makan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi keluarga pasien. Melihat ini perlu adanya bentuk pelayanan untuk meringankan beban keluarga pasien,” kata Fara Devana saat peluncuran FoodBox di RSUP dr Sardjito Yogyakarta, Jumat (14/2/2020).

Di RSUP dr Sardjito, FoodBox terletak di depan ruang rawat inap satu. Bagian rumah ini merupakan pusat perawatan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mulai dari kelas satu hingga kelas tiga.

Menu yang sisajikan dalam FoodBox tiap harinya beragam yang terdiri dari nasi, sayur dan lauk pauk. Dalam pengadaan nasi kotak gratis ini, kitabisa.com menggandeng Yayasan Sosro Bahu yang selama ini telah bekerjasama dengan RSUP dr Sardjito.

Sementara itu pada desain mesin FoodBox juga menyertakan barcode yang memungkinkan bagi siapa saja untuk dapat berdonasi langsung mendukung program ini. Selain itu terdapat pula tempat semacam tabungan guna memasukan uang bagi masyarakat yang hendak melakukan berdonasi secara tunai.

FoodBoxdi RSUP dr Sardjito untuk sementara ini baru terpasang satu unit saja. Kedepan kitabisa.com akan menambah pengadaan dan ditempatkan di titik-titik strategis rumah sakit ini sehingga keberadaan FoodBox dapat benar-benar meringankan masyarakat khususnya keluarga pasien.

“Untuk saat ini masih satu yang terpasang di sini, memang ada rencana untuk penambahan. Bahkan kalau bisa tak hanya di Sardjito saja, bahkan rumah sakit lain di Yogya akan terpasang FoodBox,” tambahnya.

Hingga saat ini di wilayah Yogya baru ada dua FoodBox yakni di RSUP dr Sardjito dan Rumah Singgah Kak Domby kawasan Jetis. Setelah di Yogya, kitabisa.com juga menggagas FoodBox untuk wilayah Semarang dan Bandung.

Direktur Umum Operasional RSUP dr Sardjito, drg Rini Sunaring Putri MKes mengatakan program serupa sebenarnya telah dilaksanakan pihak rumah sakit yakni bagi-bagi makanan gratis untuk keluarga pasien setiap hari Jumat. 

Keberadaan FoodBox diakuinya sangat membantu program yang dilakukan RSUP dr Sardjito untuk meningkatkan pelayanan.
“Pasien di rumah sakit ini banyak sehingga keluarga yang menunggu juga akan banyak, mereka tak hanya datang dari DIY saja bahkan hingga Jawa Tengah. Jadi program ini sangat baik dan berguna bagi masyarakat,” terangnya. 

(Ges)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment