News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ratusan Relawan Mulai Disiapkan, PKS Petakan Potensi Bencana

Ratusan Relawan Mulai Disiapkan, PKS Petakan Potensi Bencana

WARTAJOGJA.ID - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Daerah Istimewa Yogyakarta siagakan ratusan personel relawan. Untuk mengantisipasi risiko terjadinya bencana selama musim hujan saat ini. 

Sukamta, anggota DPR RI dari Fraksi PKS mengatakan awal musim hujan yang dialami mulai akhir 2019 lalu untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta cukup disyukuri minim terjadi bencana alam. Meski begitu bukan berarti lengah dalam kewaspadaannya. 

"Bukan berarti kita tidak siap, tetapi mudah-mudahan tidak ada (bencana). Kalau di DIY tidak terjadi bencana, atau terjadi bencana di Jawa Tengah, kami siap juga," katanya usai memimpin upacara kesiapsiagaan bencana di DPW PKS DIY pada Sabtu 18 Januari 2020. 

Sukamta mengatakan untuk jumlah anggota tim relawan siaga bencana di DIY ini berjumlah tak kurang dari 250 orang. Mereka tersebar di empat kabupaten dan satu kota madya. 

Sukamta mengungkapkan tim relawan ini juga telah dilengkapi dengan alat-alat penunjang. Mulai dari perahu karet, gergaji, hingga alat pelindung diri. "Segala macam alat sudah punya," katanya. 

Para relawan ini pun secara berkala mendapatkan pelatihan. Dalam upaya pelatihan ini biasanya juga bekerja sama dengan instansi pemerintah terkait yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). "Mereka punya kemampuan bukan nekat," ucapnya. 

Ketua DPW PKS DIY, Darul Falah mengatakan selain menangani bencana yang disebabkan oleh alam, tim relawan ini juga tanggap terhadap kejadian-kejadian menonjol. Seperti kasus terjadinya antraks di Kabupaten Gunungkidul yang belum lama ini muncul. 

Darul Falah mengatakan memang penanganannya merupakan tugas dari pemerintah. Sedangkan tim relawan ini lebih ke edukasi kepada masyarakat. "Lebih ke edukasi, karena kan sudah ditangani pemerintah," ucapnya.  (Vino)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment