Manajemen Rekayasa FTI UII Bekali Mahasiswa Menjadi Product Designer Berbasis Empati dan Kebutuhan Pengguna
WARTAJOGJA.ID: Program Studi Manajemen Rekayasa (MR) Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menunjukkan komitmennya dalam mencetak lulusan yang siap menjadi inovator produk melalui webinar bertajuk "Siap Jadi Product Designer? Yuk Kenali Dunianya bersama Manajemen Rekayasa UII Yogyakarta." pada Selasa 2 Desember 2025.
Kegiatan ini secara spesifik bertujuan memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa MR mengenai ruang lingkup desain produk dan fundamental pentingnya inovasi yang berakar dari kebutuhan pengguna.
Narasumber utama, Ratih Dianingtyas Kurnia, Ph.D., Dosen Manajemen Rekayasa FTI UII yang kompeten dalam bidang perancangan produk, memaparkan bahwa desain modern harus berfokus pada pendekatan User-Centered Design (UCD). Ratih menjelaskan bahwa desain produk melampaui sekadar aspek visual, melainkan harus memastikan produk tersebut fungsional, nyaman, mudah digunakan, dan benar-benar mampu menjawab kebutuhan pengguna.
Ia menekankan, "Desain bukan hanya soal kreativitas, tetapi tentang empati dan keberpihakan pada pengguna, di mana hal ini menuntut desainer untuk memahami kebutuhan, pengalaman, dan konteks pengguna agar dapat merancang solusi yang benar-benar relevan dan bermanfaat."
Lebih lanjut, dalam konteks akademik Manajemen Rekayasa, Ratih Dianingtyas Kurnia, Ph.D. menyoroti pentingnya desain yang efektif untuk menyederhanakan interaksi. Ia berargumen bahwa penambahan fitur yang berlebihan (feature creep) tanpa nilai tambah justru akan mengurangi kualitas.
"Secara akademik, desain yang efektif adalah desain yang mampu mengurangi beban kognitif, menyederhanakan interaksi, dan membantu pengguna mencapai tujuan dengan cepat dan efisien, sehingga desain yang baik tidak diukur dari banyaknya fungsi, tetapi dari sejauh mana solusi tersebut intuitif, mudah dipahami, dan benar-benar mendukung kebutuhan pengguna," tegasnya.
Pemahaman terhadap User Experience (UX) dan penguasaan lima tahapan Design Thinking (empathize, define, ideate, prototype, dan testing) menjadi fondasi yang diberikan kepada mahasiswa MR FTI UII.
Dengan bekal ini, diharapkan lulusan MR dapat menjadi sosok yang tidak hanya memberikan solusi teknis, tetapi juga menghadirkan kenyamanan dan pengalaman penggunaan yang unggul di masa depan.
Post a Comment