News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta Rayakan Dies Natalis ke 4 Dengan Berbagai Acara

Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta Rayakan Dies Natalis ke 4 Dengan Berbagai Acara

WARTAJOGJA.ID : Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta menggelar rangkaian peringatan Dies Natalis ke-4 yang bertema “Transformasi Budaya Menuju Sumber Daya Manusia Yang Beradab” mulai 30 Juni hingga 3 Juli 2023.

Peringatan itu diisi berbagai kegiatan bersama masyarakat lewat sejumlah lomba dan event.

"Dalam Dies Natalis ke 4 ini kita menghadirkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam rangka membina bukan hanya kehangatan tapi juga agar lebih dikenal oleh masyarakat bagaimana tentang pendidikan yang berbasis seni dan budaya itu dikembangkan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta," kata Dr. Supadma, M.Hum selaku Direktur AKN Seni dan Budaya Yogyakarta saat puncak Dies Natalis ke 4 Rabu petang 3 Juli 2024

Supadma mengatakan berbagai lapisan masyarakat termasuk anak-anak terlibat dalam berbagai event. Seperti pameran kerajinan wayang dan tari, lomba mewarnai gambar wayang, lomba karawitan remaja dan lomba tari kreasi.

"Kita ingin melalui Dies Natalis ke 4 ini menjadikan AKNSB Yogyakarta sebagai sebuah lembaga pendidikan yang bukan berdiri sebagai menara gading, tapi bagaimana kita berbagi masyarakat untuk bersama-sama memajukan seni budaya," kata Supadma.

Hal itu diwujudkan dengan langkah aktif internal kampus untuk bisa mengukur diri dengan pelibatan masyarakat. Terutama dalam mengenal kampus AKNSB melalui tiga program studinya yakni D1 karawitan, tari, dan kriya.

Supadma mengatakan AKN Seni dan Budaya Yogyakarta merupakan lembaga perguruan tinggi negeri vokasi yang berbasis seni budaya Yogyakarta. Kampus itu disebut satu-satunya perguruan tinggi vokasi yang fokus pada seni budaya daerah se-Indonesia. Saat ini AKN sudah mendapat pengakuan dan pembinaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) di bawah Direktorat Jenderal Vokasi.


Pada perayaan Dies Natalis ke-4 ini digelar Lomba Tari Kreasi untuk kelompok siswa/i SMU/SMK. Di siang hari hingga sore pengunjung dapat menikmati sajian tari dari Sanggar Retno Aji Mataram dan Angguk Sekar Laras Samigaluh pada malam harinya.

Untuk menambah semarak suasana perayaan, digelar juga Bazar UMKM dan pameran lukisan dan wayang yang diikuti oleh mahasiswa dan alumni.

Wilujengan (Selamatan dan doa bersama) dan Nitilaku mengawali serangkaian kegiatan Dies Natalis ke-4 ini, Minggu, 30/6. Nitilaku yang dimaknai sebagai perjalanan pengetahuan dan kontribusi tokoh dan alumni bagi bangsa dan negara oleh keluarga besar AKN Senbud Yk yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan staff, dilalui dengan menziarahi makam sejumlah tokoh budaya dan seniman tari, karawitan dan wayang di Yogyakarta.

Bayu Aprianto, panitia event yang juga Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kampus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta mengatakan total ada 20 mahasiswa-alumni dari jurusan Seni Kriya yang terlibat di pameran itu.

"Lewat pameran ini harapan kami rasa cinta masyarakat pada seni budaya wayang juga tari semakin besar, karena upaya pelestarian itu diawali rasa cinta dan kenal terlebih dahulu," ujarnya.

Bayu menuturkan, Kampus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta sendiri merupakan kampus milik Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang mahasiswanya semua berkuliah secara gratis alias tanpa dipungut biaya. Kampus itu setiap tahunnya membuka kuota ratusan kursi untuk tiga jurusan yang dimiliki yakni Seni Kriya, Karawitan, dan Seni Tari.

"Tahun ini kami manargetkan 150 kursi bagi mahasiswa baru," kata dia.

Bayu menjelaskan tentang tema kegiatan bahwa dengan diadakannya perayaan Dies Natalis ini diharapkan ada perubahan-perubahan secara kontinyu yang utamanya dalam pengembangan sumber daya manusia yang lebih beradab. Perubahan di sini untuk merespon dari sisi internal dan eksternal dalam upaya pelestarian dan pengembangan kearifan lokal beserta pengembangan nilai-nilainya dengan tujuan budaya tersebut tidak punah digerus arus budaya global dengan selalu mengedepankan karakter budi pekerti luhur.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment