News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wah, Karya Ketoprak Bondan Nusantara Bakal Ditampilkan di TBY 11 Juni Nanti

Wah, Karya Ketoprak Bondan Nusantara Bakal Ditampilkan di TBY 11 Juni Nanti


WARTAJOGJA.ID: Taman Budaya Yogyakarta ( TBY ) merupakan UPTD dari Dinas Kebudayaan secara rutin menyelenggarakan Gelar Karya Maestro setiap tahunnya. 

Gelar Karya Maestro merupakan acara yang bertajuk mengangkat kembali karya sang Maestro dengan mempertunjukkan kembali kepada masyarakat untuk mendapatkan spirit serta apresiasi karya sang maestro tersebut sehingga tidak hanya mengenang sang maestro, namun karya dan gagasan tokoh Maestro tersebut bisa tetap hidup dan berguna pada generasi selanjutnya.

Koes Yuliadi dari Dinas Kebudayaan gelar Karya Maestro pada tahun ini mengangkat tema Maestro dari Ketoprak yaitu Bondan Nusantara. Almarhum Bondan Nusantara merupakan sosok penulis, sutradara, dan praktisi Ketoprak. Bondan Nusantara juga merupakan seorang wartawan majalah dan Koran Bernas. 

Bondan Nusantara menulis Naskah lakon lebih dari 150 naskah dan penyutradaraan ketoprak lebih dari 500 pementasan. Bondan Nusantara bergabung dalam beberapa grup ketoprak, termasuk mendirikan Tim Pengembangan Ketoprak yang hingga kini masih eksis mengembangkan ketoprak.

" Gelar Karya Maestro Bondan Nusantara mengangkat tema pementasan dari naskah Bondan Nusantara yang berjudul Rembulan Wungu," ujarnya saat memberikan keterangan pers di TBY Jumat ( 7/6/2024).

Pentas Ketoprak Rembulan Wungu disutradarai oleh Tejo Suyanto. Dalam pementasan Rembulan Wungu akan menampilkan actor 3 generasi antara lain Widayat, Hargi Sundari, Sugiman, Dwi Nurseto, Eko Asmoro, Riyatmi, Dalijo Angkring, Dina Trinil dan pemain pendukung lainnya.


Bambang Paningron, menyebut Bondan Nusantara identik dengan ketoprak karena seluruh hidupnya dicurahkan karena dari 70 tahun kehidupan, sepanjang itu pula ia berkethoprak. Pertunjukkan yang akan dilihat pada 11 Juni 2024 menurut Bambang adalah sebuah kewajaran bahwa TBY memberikan penghargaan dalam wujud pergelaran khusus pada Bondan.

" Penghargaan untuk almarhum Bondan Nusantara ini saya kira belum cukup mengingat perjuangan beliau yang panjang di dunia kethoprak," katanya.

Sementara itu sutradara Tejo Suyanto mengaku dirinya banyak belajar tentang kethoprak dari almarhum Bondan Nusantara. Menjelang berpulangnya Almarhum Bondan Nusantara Tejo mengaku sering berinteraksi dan belajar banyak hal. 

Tejo yakin pementasan gelar karya Maestro Bondan Nusantara ini akan lancar mengingat aktor - aktornya kethoprak yang terlibat sudah mumpuni semua.

" Saya yakin pementasan akan berjalan lancar," ujarnya.

Gelar Karya Maestro Bondan Nusantara dengan gelar pentas ketoprak dengan lakon " Rembulan Wungu" naskah karya almarhum Bondan Nusantara ini akan dilaksanakan pada hari Selasa 11 Juni 2024, Pukul 19.00 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta Jl. Sriwedani No 1, Yogyakarta.

" Rembulan Wungu, dipilih dari ratusan naskah Bondan Nusantara dan dibuat pada 2002 silam. Naskah ini bercerita latar Kerajaan Mataram saat masih di Pleret dan kesewenang-wenangan raja Amangkurat saat itu," pungkasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment