News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UJB Yogyakarta Tuan Rumah 7th International Conference on CSR & Sustainable Development

UJB Yogyakarta Tuan Rumah 7th International Conference on CSR & Sustainable Development

WARTAJOGJA.ID : Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta menjadi tuan rumah perhelatan konferensi internasional bertajuk 7th International Conference on CSR & Sustainable Development Senin 10 Juni 2024.

Konferensi yang akan dilangsungkan hingga Selasa 11 Juni 2024 di Auditorium Poerwokoesoemo, Kampus Pusat UJB Yogyakarta itu dihadiri sekitar 200 peserta dari Indonesia dan beberapa negara antara lain India, AS, Kuwait, Vietnam, dan Malaysia secara offline.  

Perwakilan beberapa negara juga bergabung secara online yaitu Swedia, Uzbekistan, Sri Lanka, Ethiopia, dan Georgia.

UJB Yogyakarta turut mengundang sejumlah kampus lain seperti Universitas Muara Kudus, Universitas Putra Bangsa Kebumen, STIE Bank BPD Jateng, dan Universitas Flores.

Bertepatan konferensi itu dilakukan pula penandatanganan MoU antara UJB dan Society for Education and Research Development (SERD) India.

"Di tengah kekhawatiran global mengenai perubahan iklim dan tingkat polusi, peran perusahaan dalam mendukung tujuan sosial dan bisnis yang beretika menjadi sangat penting," kata Rektor UJB Dr Risdiyanto dalam sambutan pembukaannya, Senin.

Risdiyanto mengatakan saat ini, tantangan dunia bisnis beralih. Dari yang sebelumnya cenderung fokus pada keuntungan, kini menekankan pada produk yang bertanggung jawab dan layanan yang efisien. 

"Meski beberapa negara sudah melakukannya menerapkan kebijakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau CSR yang komprehensif, negara lain.masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan kebijakan serupa.  Itu sebabnya konferensi ini diadakan," kata Risdiyanto.


Sementara itu, Presiden SERD India, Dr Vikas Kumar menyebut, konferensi CSR internasional merupakan forum terbuka untuk membahas beragam topik seputar tanggung jawab sosial perusahaan di berbagai belahan dunia dan menggambarkan strateginya untuk pembangunan berkelanjutan. 

Fokusnya adalah menciptakan dialog antar disiplin ilmu mengenai solusi tantangan global.

Konferensi tahunan ini pertama kali diadakan di Bangkok pada 2013. Kemudian berturut-turut diselenggarakan di Jakarta, Dubai, Kuala Lumpur Addis Abada, dan New Delhi. 

"Semua edisi konferensi tidak hanya menampilkan partisipasi dan kepentingan dari industri, tapi juga menyajikan model-model inovatif pembangunan berkelanjutan," ujar Vikas.

Tahun ini, SERD menginisiasi Sustainability Awards.  Pemenang penghargaan tahun 2024 berasal dari India, Kyrgyzstan, Uzbekistan, AS, dan Sudan.  

Ketua panitia pelaksana, Dr Erni Ummi Hasanah menjelaskan, tema CSR dan pembangunan berkelanjutan dipilih karena semakin pentingnya peran perusahaan dalam mendukung keberlanjutan pembangunan dan tanggung jawab sosial yang mendapatkan perhatian global.

"Konferensi ini bertujuan untuk mengatasi dampak CSR terhadap karyawan, industri, masyarakat, dan lingkungan dengan mengembangkan kerangka kerja yang efektif," kata dia.


Konferensi internasional ini juga dihadiri oleh para CEO, pakar keberlanjutan, LSM, peneliti, dan akademisi.

"Para peserta berkesempatan untuk membagikan ide dan wawasan mengenai caranya organisasi dapat menjadi pemimpin dalam praktik keberlanjutan, kolaborasi, dan komunikasi," kata dia.

Agenda hari pertama konferensi menampilkan presentasi dari 31 pemateri, dan hari kedua 27 pemateri. 

Pada kesempatan itu dilakukan pula penyerahan SERD Sustainability Award 2024 kepada beberapa perusahaan dan individu yang menunjukkan komitmen luar biasa di bidang CSR. 

Penghargaan ini dimaksudkan untuk memotivasi lebih banyak pemangku kepentingan supaya berpartisipasi aktif dalam program CSR.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment