News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan SIBAKUL di Karangmojo Gunungkidul, UMKM Perlu Tingkatkan Inovasi

Sarasehan SIBAKUL di Karangmojo Gunungkidul, UMKM Perlu Tingkatkan Inovasi

WARTAJOGJA.ID : Sarasehan SIBAKUL digelar Dinas Koperasi UKM pada Senin 20 Mei 2024 di Pendopo Kapanewon Karangmojo, Plumbungan, Gedangrejo, Karangmojo, Gunung Kidul  Yogyakarta.

Sarasehan bertema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa itu menghadirkan narasumber  Heri Dwi Haryono, S,H selaku Anggota DPRD DIY, Aris Eko Nugroho, S.P., M.Si. selaku Paniradya Pati Kaistimewan DIY, Kawit Raharjanto, S.Sos, M.M selaku Panewu Karangmojo dan Yanuar Widi Armoyo - Praktisi/Coach/UMKM Inspiratif.

Kapanewon Karangmojo mayoritas warganya memiliki usaha berupa toko kelontong atau toko sembako. Selain itu, ada juga yang memiliki usaha membuat kerajinan dari bambu dan miniatur mobil. Ada juga warga yang memiliki usaha produksi telur asin, budidaya ikan lele dan beberapa warga menjual obat herbal yaitu jamu jawa. Adapun ada pula warga yang memiliki usaha pembuatan blangkon yang nantinya akan didistribusikan ke toko-toko yang ada di Kota Yogyakarta. Selain itu, beberapa warganya memiliki usaha sebagai penjahit dan berjualan olahan makanan. 

Beberapa warga juga memiliki usaha membuat kerajinan tangan seperti ukir batu, kerajinan bambu dan kerajinan rotan. Sementara  beberapa warga memiliki usaha ternak ayam broiler dan menjual makanan olahan.

Dalam sarasehan itu Aris Eko Nugroho, S.P., M.Si. selaku Paniradya Pati Kaistimewan DIY mengatakan  Dinas Koperasi UKM DIY tetap konsisten berupaya melakukan revitalisasi ekonomi yang tetap mendasarkan pada cara-cara yang meneguhkan pengembangan transformasi usaha pada berbagai aspek, seperti diantaranya kebijakan TRANSFORMASI DIGITAL melalui system SIBAKUL JOGJA. Salah satu upaya strategisnya adalah menyelenggarakan talkshow sarasehan UMKM yang diadakan pada lokasi perdesaan dan juga beberapa wilayah perkotaan yang strategik. Harapannya, terjadi silang diskusi, masukan, hingga pencerahan dan inspirasi antar pemangku kepentingan yang lintas sector maupun lintas kewenangan, dalam membangun ekonomi perdesaan yang berbasis UMKM pada wilayah setempat. 
 
Keterlibatan masyarakat setempat sebagai peserta talkshow juga diharapkan akan menjadi pintu pembuka tentang harapan, himbauan, hingga sosialisasi tentang kebijakan pembangunan daerah. Kebijakan pembangunan daerah yang diinisiasi melalui dana keistimewaan tahun 2024 ini diharapkan dapat diimplementasikan dan dipahami oleh masyarakat, khususnya pelaku usaha dalam menjalankan usahanya di tengah situasi yang mulai pulih. Termasuk didalamnya bagaimana menginisiasi tatakelola UMKM melalui pengenalan SIBAKUL sebagai sistem pendampingan dan pembinaan bagi pelaku usaha mikro kecil. Menggali spirit kreatifitas dan inovasi adalah upaya yang terus ditumbuhkan agar muncul pelaku-pelaku usaha baru yang sukses dan kreatif menyiasati keadaan, yang diharapkan muncul pada berbagai wilayah kelurahan atau kalurahan. 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment