News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Buruan Ikut, Teknik Industri FTI UII Gelar Three Minutes Thesis Challenge Berhadiah

Buruan Ikut, Teknik Industri FTI UII Gelar Three Minutes Thesis Challenge Berhadiah


WARTAJOGJA.ID:  Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII gelar sebuah kompetisi bertajuk Three Minutes Thesis (3MT) Challenge @UII.

Menariknya dalam ajang ini, peserta hanya diberi waktu 3 menit untuk mempresentasikan karya inovatif seperti thesis/hasil penelitian/proposal penelitian/inovasi ide baru) menggunakan satu slide statis dan tanpa alat bantu tambahan. 

Ketua Jurusan Teknik Industri FTI UII Dr Drs Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc mengatakan kompetisi 3MT (Three Minutes Thesis) Challenge @UII merupakan kompetisi komunikasi penelitian yang menantang mahasiswa sarjana, pascasarjana dan program doktor.

"Dalam kompetisi ini, mereka mempresentasikan karya inovatif seperti thesis/hasil penelitian/proposal penelitian/inovasi ide baru) hanya dalam waktu 3 menit menggunakan satu slide statis dan tanpa alat bantu tambahan," kata dia.

Beberapa alasan penting even 3MT ini bagi mahasiswa peserta kompetisi. Pertama, melatih mahasiswa untuk menjelaskan penelitian dengan cara yang jelas, ringkas dan menarik bagi audiens non-spesialis. Kedua, memaksa mahasiswa untuk memahami dan mengartikulasikan esensi dari penelitian mereka, yang sering kali memperdalam pemahaman mereka sendiri.

Ketiga, memberikan kesempatan untuk mempromosikan penelitian kepada komunitas akademik yang lebih luas, investor potensial, dan publik umum. Keempat, pengembangan karier yakni keterampilan komunikasi yang ditingkatkan dapat membantu dalam wawancara kerja, presentasi profesional, dan kolaborasi antar disiplin ilmu.

Kelima, memungkinkan penelitian memiliki dampak yang lebih luas dengan menjangkau audiens yang lebih besar dan beragam.

“Dengan format singkat dan padat, even ini mendorong mahasiswa untuk fokus pada pesan utama dari penelitian mereka dan menyampaikan dengan cara yang paling efektif,” kata Imam Djati Widodo.

Sementara Dr Dwi Adi Purnama, Dosen Jurusan Teknik Industri, FTI UII yang juga Ketua Tim Pelaksana kompetisi 3MT (Three Minutes Thesis) Challenge @UII, mengatakan, topik 3MT mencakup bidang keilmuan Teknik Industri dan serumpun dalam bidang Ergonomics & Safety Engineering, Manufacturing System & Supply Chain Management dan Industrial Operation & Management.

Output dari kompetisi ini, kata Dwi Adi Purnama, akan mendorong semangat mahasiswa untuk mencapai potensi akademik dan membangun budaya riset dan kreativitas di kampus. Selain itu, diharapkan melalui presentasi makalah ilmiah, akan terjadi pertukaran ide dan pengetahuan yang dapat menginspirasi dan memberikan kontribusi positif untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan masyarakat.

Selain itu, kompetisi presentasi makalah ilmiah tingkat nasional ini diadakan untuk mendorong dan memperkuat semangat mahasiswa untuk riset, inovasi, dan kreativitas, serta mahasiswa mendapatkan keuntungan langsung dari kompetisi ini juga mendapatkan inspirasi baru untuk terus berkarya dan berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa depan.

Menurut Dwi, juri berasal dari akademisi, baik juri-juri internal dari jurusan teknik industri UII dan maupun juri eksternal dari jurusan teknik industri yang berasal dari perguruan tinggi lain.

Peserta kompetisi adalah mahasiswa aktif program Sarjana (S1), Magister (S2), Doktoral (S3) atau lulusan baru yang telah menyelesaikan skripsi dalam waktu maksimal 12 bulan terakhir. Pendaftaran dan pengumpulan materi (video, abstrak dan daftar pustaka)pada 1 Mei hingga 14 Juni 2024 tanpa dipungut biaya.

Selanjutnya seleksi awal dilakukan pada 15-27 Juni 2024, kemudian pengumuman finalis (5 besar untuk masing-masing kategori Sarjana dan Magister) pada 28 Juni 2024 dan finalis akan diundang hadir di Kampus FTI UII.

Sedangkan pengumuman pemenang kategori Doktoral (3 pemenang) pada 28 Juni 2024, persiapan presentasi live kategori Sarjana dan Magister pada 29 Juni-12 Juli 2024 serta final lomba dan pengumuman pemenang kategori Sarjana dan Magister pada 18 Juli 2024.

Para pemenang masing-masing kategori Sarjana, Magister dan Doktoral) akan mendapat hadiah uang masing-masing untuk: 

● Juara 1: Rp 2.000.000

● Juara 2: Rp 1.500.000

● Juara 3: Rp 1.000.000

● Juara Favorit: Rp 750.0000 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment