News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan Sibakul di Godean, Eksplorasi Inovasi Demi Kemajuan UMKM

Sarasehan Sibakul di Godean, Eksplorasi Inovasi Demi Kemajuan UMKM


WARTAJOGJA.ID  : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada 24 April di Balai Kel. Sidoluhur, jalan Suparjo 93A, Kel. Sidoluhur, Kap. Godean, Kab. Sleman  

Sarasehan SIBAKUL kali ini dihadiri narasumber Koeswanto (Anggota DPRD DIY), Aris Eko Nugroho, S.P., M.Si ( Paniradya Pati)  Hernawan Zudanto, SE (Lurah Sidoluhur) dan 
Andi Rakhmat Santoso – Praktisi/Coach/UMKM.

Kecamatan Godean merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Sleman yang memiliki banyak potensi UMKM. Selain UMKM camilan belut yang terkenal, Godean juga memiliki banyak jenis produk UMKM populer.
Berbagai produk UMKM yang dipasarkan dalam kegiatan tersebut berupa olahan makanan, kerajinan, produk fashion dan lain-lain. 

Selain dapat meningkatkan omzet penjualan, akan bermanfaat pula, antara lain dapat sebagai ajang promosi atau mengenalkan aneka produk dari para UMKM.

Adapun aneka produk paling banyak dilakukan oleh para pemilik UMKM, yakni terkait kuliner (aneka makanan serta minuman). Selain itu ada pula aneka produk kerajinan, media tanam, pupuk organik, hasil pertanian/peternakan hingga fashion. Produk fashionnya seperti kain ecoprint.

Batik kain ecoprint maupun batik yang menggunakan pewarna alami, tahapan proses pembuatannya termasuk ramah lingkungan. Sehingga layak untuk terus dikembangkan.

Keberadaan UMKM di Godean pun telah disupport berbagai event penunjang. Seperti Gebyar UMKM yang merupakan salah satu usaha dalam rangka mendukung pelaku UMKM. Terutama, untuk mengenalkan dan mengembangkan produknya di Kabupaten Sleman.

Aris Eko Nugroho, S.P., M.Si ( Paniradya Pati DIY) mengatakan
keterlibatan masyarakat setempat sebagai peserta Sarsehan juga diharapkan akan menjadi pintu pembuka tentang harapan, himbauan, hingga sosialisasi tentang kebijakan pembangunan daerah. 

"Kebijakan pembangunan daerah yang diinisiasi melalui dana keistimewaan tahun 2024 ini diharapkan dapat diimplementasikan dan dipahami oleh masyarakat, khususnya pelaku usaha dalam menjalankan usahanya di tengah situasi yang mulai pulih," kata dia.

Termasuk didalamnya bagaimana menginisiasi tatakelola UMKM melalui pengenalan SIBAKUL sebagai sistem pendampingan dan pembinaan bagi pelaku usaha mikro kecil.  Menggali spirit kreatifitas dan inovasi adalah upaya yang terus ditumbuhkan agar muncul pelaku-pelaku usaha baru yang sukses dan kreatif menyiasati keadaan, yang diharapkan muncul pada berbagai wilayah kelurahan atau kalurahan.   

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment