News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sah ! 40 Calon Legislatif Terpilih DPRD Kota Yogyakarta Ditetapkan KPU Kota Yogyakarta

Sah ! 40 Calon Legislatif Terpilih DPRD Kota Yogyakarta Ditetapkan KPU Kota Yogyakarta

WARTAJOGJA.ID  : KPU Kota Yogyakarta menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih dalam Pemilu, penghitungan dan penetapan perolehan kursi Anggota DPRD Kabupaten Kota Yogyakarta, bertempat di The Malioboro Hotel, Selasa (28/5/2024).

Rapat pleno ini dipimpin langsung Ketua KPU Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryo Samudro didampingi semua Komisioner KPU Kota Yogyakarta dan diikuti para pimpinan atau perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024 di daerah setempat.

"Hari ini kita putuskan dan dibuat berita acaranya mengenai perolehan kursi dan calon terpilih. Selanjutnya kami akan menyerahkan ini ke Sekretaris DPRD Kota Yogyakarta untuk diproses, sebagaimana kita ketahui akhir masa jabatan Anggota DPRD Kota Yogyakarta periode 2019 - 2024 kalau tidak salah tanggal 19 Agustus 2024," kata Harsya kepada awak media disela-sela rapat.

Harsya menyebutkan, pada 21 Mei 2024, Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan gugatan dari Anton Wahyudi, calon legislatif dari Partai Ummat. Anton dinyatakan gugur karena ketidakhadirannya dalam persidangan awal. 

"Dengan keputusan tersebut, kami segera melanjutkan proses penetapan perolehan kursi dan anggota terpilih sesuai dengan prosedur yang ada," ujarnya.




Setelah dilakukan rapat pleno terbuka, hasilnya ditetapkanlah perolehan kursi dan nama-nama calon terpilih Anggota DPRD Kabupaten Kapuas periode 2024 - 2029 hasil Pemilu 2024 yang mana dituangkan dalam berita acara dan ditandatangani Ketua dan Anggota KPU Kota Yogyakarta

Menariknya, pada pemilu 2024 di Kota Yogyakarta ini terdapat calon legislatif perempuan terpilih termuda yakni berusia 23 tahun.

"Kali ini ada anggota termuda dari dapil 2 usianya 23 seorang perempuan", imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya turut mengapresiasi serkaligus memberikan penghargaan kepada OPD terkait yang telah menyukseskan pemilu 2024 di Kota Yogyakarta.

"Saya juga ucapkan terima kasih banyak kepada pihak-pihak penyelenggara pemilu seperti kejati DIY, Polresta Yogyakarta hingga Kesbangpol Kota Jogja yang telah membantu menyukseskan pemilu 2024", tandasnya.

Sementara terkait dominasi anggota baru atau lama di DPRD Kota Yogyakarta, Harsya menyatakan hal tersebut belum bisa dihitung secara pasti. KPU masih melakukan proses menghitung dan meninjau hasil keseluruhan.

Namun dipastikan dalam pemilu legislatif 2024 ini, tercatat terjadi peningkatan partisipasi pemilih di Kota Yogyakarta yang mencapai hampir 27 persen, Bahkan keterlibatan pemilih muda dan mahasiswa yang cukup signifikan.

"Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pemilu ini. Kami berharap ke depannya partisipasi terus meningkat dan demokrasi di Yogyakarta semakin kuat," imbuhnya

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment