News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Petugas Rutan Bantul Gagalkan Upaya Penyelundupan Narkoba, Kemenkumham DIY: Kami Selalu Siaga

Petugas Rutan Bantul Gagalkan Upaya Penyelundupan Narkoba, Kemenkumham DIY: Kami Selalu Siaga


WARTAJOGJA.ID – Petugas Rutan Kelas IIB Bantul berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba ke dalam blok hunian. Kejadian ini terjadi pada Rabu (15/5/2024) dengan memanfaatkan momen kunjungan warga binaan.

 

Prosesi kunjungan warga binaan di Rutan Kelas IIB Bantul dilaksanakan dengan sesuai standar operasional prosedur, salah satunya adalah penggeledahan badan. Semua orang yang akan melakukan kunjungan wajib mengikuti penggeledahan badan secara ketat.

 

Salah seorang pengunjung berjenis kelamin perempuan berinisial MY (38 tahun) akhirnya ditangkap karena terbukti membawa pil yarindo sebanyak 13 butir. Pil tersebut diberikan kepada anaknya yang saat ini menjadi tahanan di Rutan Kelas IIB Bantul.

 

Kejadian ini begitu miris karena seorang ibu sedang berupaya memasok narkoba untuk anaknya. Nasib nahas harus dijalani MY yang tertangkap dan akan mengikuti jejak anaknya mendekam di dalam sel tahanan.

 

Kepala Rutan Kelas IIB Bantul Yogi Suhara menyampaikan bahwa MY ditangkap karena membawa pil yarindo dengan menyembunyikan di area kemaluannya untuk menghindari penggeledahan petugas.

 

“Upaya untuk menyembunyikan pil terlarang di kemaluan itu gagal karena petugas kami berhasil mengungkapnya. Kami akhirnya mengamankan MY dan melakukan koordinasi dengan kepolisian untuk langkah hukum berikutnya”, jelas Yogi.

 

EAP sang anak dari pelaku MY akhirnya mendapatkan tindakan tegas dari petugas Rutan Kelas IIB Bantul. Ia dipindahkan ke sel isolasi sebagai hukuman atas upaya permufakatan jahat untuk membawa narkoba ke dalam Rutan.

 

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Agung Rektono Seto memberikan atensi kepada kejadian ini. Menurutnya, jajaran Rutan Kelas IIB Bantul telah menjalankan SOP dengan baik dalam menyelenggarakan kunjungan warga binaan.

“Kita menekankan seluruh Lapas/Rutan untuk perang dengan narkoba. Jangan sampai kita memberi tempat kepada kejahatan luar biasa ini karena akan memberikan dampak negatif yang parah”, jelas Agung.

 

Agung juga menyampaikan bahwa penggagalan upaya penyelundupan ini karena para petugas senantiasa siaga dalam bertugas. Tidak mudah untuk dapat mengetahui modus penyelundapan barang haram ini karena begitu banyak momen yang dapat dimanfaatkan.

 

“Kami mengapresiasi atas para petugas di Rutan Kelas IIB Bantul yang siaga dan akhirnya berhasil melakukan penggagalan. Kesiapsiagaan ini harus dipertahankan untuk menjaga Rutan tetap bersih dari narkoba”, pungkas Agung.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment