News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta Dorong Kepastian Hukum dengan Penghapusan Jaminan Fidusia

Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta Dorong Kepastian Hukum dengan Penghapusan Jaminan Fidusia


WARTAJOGJA.ID - Dalam rangka pelaksanaan Rencana Aksi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) untuk tahun 2024, Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta menyelenggarakan acara bertajuk "Penghapusan Jaminan Fidusia oleh Penerima Fidusia, Kuasa atau Wakilnya: Wujud Terselenggaranya Kepastian Hukum serta Perlindungan Hukum bagi Masyarakat". Acara yang berlangsung di Hotel The Alana Yogyakarta ini bertujuan untuk memperkuat kepastian hukum dan perlindungan hukum bagi masyarakat, khususnya terkait jaminan fidusia.


Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta Agung Rektono Seto, menekankan pentingnya acara ini sebagai langkah strategis dalam menyelesaikan masalah jaminan fidusia yang belum dihapuskan oleh pihak penerima fidusia. "Di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri, terdapat kurang lebih 13.000 data pendaftaran jaminan fidusia yang belum dihapuskan oleh pihak penerima fidusia. Tentunya hal itu dapat mengurangi efisiensi kinerja dari sistem jaminan fidusia online yang dimiliki oleh Kemenkumham RI," ujarnya, Senin (27/05/2024).


Selanjutnya, Agung menekankan tentang peran penting Notaris selaku penerima kuasa pembebanan jaminan fidusia, tentunya perlu berperan aktif untuk menciptakan optimalisasi pengelolaan data serta menciptakan sistem informasi yang cermat dan akurat.

“salah satunya dengan tertib melakukan proses penghapusan jaminan fidusia terhadap jaminan yang didaftarkan dan telah diselesaikan oleh pemberi fidusia,” tambahnya.


Sebagai bagian dari Rencana Aksi Kemenkumham RI untuk tahun 2024, acara ini juga menegaskan komitmen Kanwil Kemenkumham DIY dalam mengawasi pelaksanaan penghapusan jaminan fidusia oleh Notaris. “Penghapusan terhadap data jaminan fidusia oleh rekan-rekan Notaris ini akan menjadi perhatian khusus dari Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta. Kedepan kami melalui masing-masing Majelis Pengawas Daerah akan melakukan pengawasan dan pembinaan secara berkala terhadap Notaris-notaris yang masih belum melaksanakan penghapusan pembebanan jaminan fidusia dimaksud,” tutupnya.


Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan akan tercipta kesadaran hukum yang lebih tinggi di kalangan masyarakat serta peningkatan kepercayaan terhadap sistem hukum nasional. Langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan hukum yang adil dan merata bagi semua warga negara.


Acara yang dimoderatori oleh Mustika Rahaju ini dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Agung Aribawa, Kepala Divisi Keimigrasian Muhammad Yani Firdaus, narasumber terdiri dari Hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta Tri Asnuri Herkutanto, Analis pada Direktorat Pengaturan Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Setyadi lainnya OJK Cintantya Anindita Ary Setyadi, Akademisi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Ninik Darmini, serta Notaris se-DIY. Para narasumber memberikan materi komprehensif mengenai mekanisme penghapusan jaminan fidusia dan implikasinya bagi penerima fidusia, kuasa, atau wakilnya. 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment