News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cegah Tindak Pidana Perdagangan Orang, Kemenkumham DIY Gelar Operasi Pengawasan Orang Asing

Cegah Tindak Pidana Perdagangan Orang, Kemenkumham DIY Gelar Operasi Pengawasan Orang Asing

WARTAJOGJA.ID : Kanwil Kemenkumham DIY bersama stakeholder menggelar operasi pengawasan bagi orang asing pada Selasa (28/5/2024). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian komitmen jajaran imigrasi di DIY untuk melakukan upaya deteksi dini guna mengantisipasi tindak pidana oleh orang asing. 
 
Operasi pengawasan orang asing dilaksanakan dengan metode mendatangi langsung beberapa target yang telah dilakukan pemetaan sebelumnya. Pada kesempatan kali ini ada beberapa lokasi yang didatangi diantarnya Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) JIAEC, LPK Bunka Kenyukai, LPK Highlob, LPK Katana, LPK Wakawashi, LPK Chikara, LPK Kokoro, LPK Daiseikou, dan LPK Indo Daichii. 
 
Kepala Divisi Keimigrasian Muhammad Yani Firdaus menyampaikan bahwa operasi kali ini menyasar di LPK yang ada di DIY. Hal ini penting untuk memastikan keterlibatan orang asing di setiap LPK itu legal dan lengkap dokumen-dokumen keimigrasiannya. 
 
“Kita akan cek setiap LPK, bagaimana peran orang asing disitu, berapa jumlahnya. Paling penting adalah kita pastikan dokumen keimigrasiannya lengkap sehingga tidak melanggar aturan”, jelas Yani. 
 
Operasi pengawasan orang asing dilaksanakan secara berkala dengan maksud untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah DIY. Potensi wilayah DIY ini begitu menarik bagi orang asing untuk datang, maka dari itu kita akan pastikan bahwa seluruhnya sesuai ketentuan yang berlaku. 
 
“Kita bersama POLRI, TNI, serta Pemerintah Daerah bersinergi untuk terus memelihara stabilitas keamanan di DIY ini. Khususnya yang terkait orang asing”, tambah Yani. 
 
Sementara itu Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Agung Rektono Seto menyampaikan komitmennya bahwa jajaran imigrasi di DIY ini akan memberikan pelayanan terbaik serta memastikan tidak ada pelanggaran hukum yang dilakukan orang asing. Stabilitas keamanan ini perlu untuk terus dipelihara agar tidak ada gejolak yang timbul. 
 
“Kami akan terus bersinergi dengan aparat penegak hukum dalam rangka memelihara stabilitas ini”, jelas Agung Rektono Seto. 
 
Saat ini isu yang sering bergulir adalah tentang tindak pidana perdagangan orang (TPPO). 
Imigrasi mempunyai peran bersama para stakeholder untuk dapat mencegah perbuatan ini.  
 
“Operasi pengawasan ini penting karena kita akan mendapatkan data-data yang dapat dijadikan bahan untuk melakukan deteksi dini sehingga TPPO tidak terjadi di wilayah DIY”, pungkas Agung Rektono Seto. 
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment