News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Antusias Warga Hadiri Pekan Panutan Pembayaran PBB, Pemkot Yogyakarta Beri Potongan Pajak 5 Persen

Antusias Warga Hadiri Pekan Panutan Pembayaran PBB, Pemkot Yogyakarta Beri Potongan Pajak 5 Persen

WARTAJOGJA.ID : Ratusan warga antusias menghadiri Pekan Panutan Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan (P2) tahun 2024 yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta di Balai Kota Selasa (28/5/2024). 

Warga menyambut antusias gelaran itu karena selain ada undian doorprize dengan beragam hadiah, dalam kesempatan tersebut Pemkot Yogyakarta juga memberikan potongan sebesar lima persen dari nilai pokok PBB yang dibayarkan wajib pajak.

"Senang sekali ada kegiatan ini, selain dapat potongan pajak yang lumayan juga bisa dapat hadiah, tahun 2023 lalu saya dapat hairdryer dari event ini,makanya kita tunggu-tunggu dan tanbah semangat bayar PBB," kata 
Nusron Ramdhan, 63 tahun, warga Terban Yogyakarta.

Tak beda dirasakan Sriyono, 75 tahun dari Kecamatan Gondokusuman. Ia mengaku terdorong ikut Pekan Panutan Pembayaran Pajak Bumi Bangunani Bangunan karena ada diskon lima persen.

"Saya berharap program ini dipertahankan, karena membuat masyarakat tambah bersemangat membayar pajak," kata dia.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto mendukung kegiatan Pekan Panutan PBB P2 tahun 2024. 

Pihaknya berharap kehadiran wajib pajak seperti dari ASN Pemkot Yogyakarta, tokoh masyarakat, pengusaha dalam kegiatan itu dapat menginspirasi dan mendorong partisipasi yang lebih besar dalam pembangunan di daerah.

“Ini sebagai cermin kesadaran akan tanggung jawab kita sebagai warga negara. Serta untuk memberikan panutan kepada masyarakat dan wajib pajak agar membayar PBB lebih awal, tanpa menunggu jatuh tempo,” kata Sugeng saat pembukaan Pekan Panutan Pembayaran PBB tahun 2024.

Pihaknya menegaskan perolehan PBB menjadi salah satu sumber pendapatan daerah untuk membiayai berbagai aktivitas pemerintah dan memenuhi kebutuhan belanja daerah. Pembayaran PBB merupakan bukti kepedulian masyarakat akan pembangunan wilayah. 

Oleh sebab itu menjadi tugas Pemkot Yogyakarta untuk mendorong masyarakat taat membayar pajak serta memfasilitasi dan memberikan kemudahan dalam membayar pajak.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Ibu wajib pajak yang telah menunaikan kewajibannya dengan ikhlas dan tepat waktu,” imbuhnya.

Sugeng menyebut pada tahun 2024 di Kota Yogyakarta terdata sebanyak 97.398 obyek pajak dengan nilai ketetapan sekitar Rp 145,8 miliar. Sedangkan target penerimaan PBB-P2 tahun 2024 sekitar Rp 120 miliar. Sampai akhir April 202, pembayaran PBB telah terealisasi sekitar Rp 15,4 miliar atau 12,9 persen.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta Wasesa mengatakan wajib pajak yang hadir dalam Pekan Panutan Pembayaran PBB sekitar 500 objek pajak dengan nominal sebesar Rp 19 miliar. Tujuan penyelenggaraan Pekan Panutan Pembayaran PBB tahun 2024 untuk memberikan panutan atau keteladanan dalam membayar pajak. Dalam Pekan Panutan Pembayaran PBB Pemkot Yogyakarta bekerja sama dengan Bank BPD DIY.

“Peserta Pekan Panutan Pembayaran PBB yang melakukan pembayaran hari ini mendapatkan pengurangan 5 persen dari pokok PBB. Serta cashback dari (Bank) BPD sebesar lima puluh persen dengan maksimal dua puluh ribu untuk lima ratus wajib pajak yang membayar melalui mobile banking. Disediakan souvenir (doorprize) juga,” jelas Wasesa.  

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment