News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan SIBAKUL di Patehan Kota Yogyakarta Bahas Resep Majukan UMKM

Sarasehan SIBAKUL di Patehan Kota Yogyakarta Bahas Resep Majukan UMKM

WARTAJOGJA.ID : Sarasehan SIBAKUL kembali digelar Dinas Koperasi UKM DIY pada Minggu 24  Maret 2024 di Joglo Tamansari, Jl. Komp. Taman Sari, Patehan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta 

Sarasehan bertema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa itu menghadirkan narasumber RM Sinarbiyatnurjanat, SE selaku Anggota DPRD DIY, Gunawan Sigit Putranto selaku Lurah Patehan, Danang Triyantoro, S.Si  selaku
Praktisi Branding, dan Plt Kepala Bappeda DIY Tri Saktiyana.

Gunawan Sigit Putranto selaku Lurah Patehan dalam paparannya mengatakan untuk Kelurahan Patehan menurut data ada kurang lebih 436 pelaku UMKM. Kalau secara spesifik banyak sekali kuliner yang ada di sini meski dikenal sebagai salah satu pusat industri kerajinan batik.

"Selama ini UMKM di Patehan sudah jalan, rata rata memang masih memanfaatkan media media yang konvensional seperti dijual di pasar dan lain sebagainya. Walaupun demikian kami pihak kelurahan Patehan beberapa waktu yang lalu di tahun 2023 juga mencoba memberikan fasilitasi berupa pelatihan marketing online," kata Gunawan.

Patehan, kata Gunawan belakangan juga telah memiliki Kelompok Sadar Wisata alias Pokdarwis meski kampung wisatanya telah terbentuk.

"Kami mencoba koordinasi dengan para pengurus pokdarwis agar jangan hanya berpikir wisata dalam lingkup kecil tetapi harus cukup yang lebih luas, lebih besar yang dampaknya menjangkau semua lapisan kehidupan mata pencaharian warga dan UMKM harus diangkat,"

"Misalnya membuat paket wisata yang dibuat dengan tema besar seperti Romantisme Ngeteh di Patehan, kami ingin mengembalikan kejayaan Patehan di masa lalu, yang mana merupakan nama tempat tinggal atau abdi dalem Keraton penyaji teh," kata dia. 

"Nah makanya kenapa Teh kok tidak ada disini, kami coba kemas lewat paket wisata dalam bentuk walking tour, Alhamdulillah kami maju di penyaringan tingkat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif berhasil memboyong kejuaraan dalam kategori inovasi produk," kata dia.

Penghargaan itu berkat keberhasilan sinkronisasi unsur pendukung wisata di Patehan termasuk UMKM.

"Jadi kami tekankan agar jangan hanya wisatanya saja tetapi apa yang ada di dalamnya harus kita angkat seperti produk ampiang, rengginang yang saat ini ada juga yang menjadi souvenir dan sudah dipesan pak Menteri Parekraf Sandiaga Uno," kata dia.

 RM Sinarbiyatnurjanat, SE selaku Anggota DPRD DIY, menyampaikan apresiasi luar biasa bagi masyarakat dan lurah Patehan dalam mengenbangkan UMKM.

"Tidak semua Lurah itu kemudian punya sense, punya kepedulia, juga punya kemampuan untuk mengembangkan entrepreneur seperti yang terjadi di Patehan,"kata dia.

"Sebab untuk bisa mengembangkan enterpreneur seperti di Patehan, juga harus punya jiwa entrepreneur sedikit banyak punya pengalaman, jadi juga tergantung itikad ada niat ada kemauan untuk menumbuhkembangkan potensi potensi wilayah yang ada 

Plt Kepala Bappeda DIY Tri Saktiyana mengatakan saat dilantik oleh Gubernur DIY sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY beberapa tahun silam, pihaknya diberi tiga wejangan mengembangkan UMKM.

"Ngarsa Dalem saat itu mengatakan kepada saya, bahwa UMKM DIY itu istimewa, beliau lalu memberi tiga resep mengistimewakan UMKM," kata dia.

Caranya, satu dorong daya juang dan keuletan UMKM yang sudah luar biasa. Kedua dorong daya srawung, daya kerja sama, daya kolaborasi dan ketiga dorong daya inovasinya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment