News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan Sibakul di Kapanewon Tempel Sleman Bangkitkan Keeativitas UMKM Tembus Pasar Global

Sarasehan Sibakul di Kapanewon Tempel Sleman Bangkitkan Keeativitas UMKM Tembus Pasar Global

WARTAJOGJA.ID : Sarasehan SIBAKUL bertema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa kembali digelar Dinas Koperasi UKM DIY dalam pemberdayaan UMKM pada wilayah perdesaan untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah secara komprehensif dan skema pengelolaan desa mandiri budaya.

Kali ini Sarasehan SIBAKUL digelar pada Jumat 05 April 2024 di Pendopo Dusun Blumbang, Kel. Merdikorejo, Kap. Tempel, Kab. Sleman.

Narasumber yang hadir antara lain Ir. Widi Sutikno M.Si selaku Anggota DPRD DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kepala Dinas Koperasi UKM DIY, Lurah Merdikorej dan
Widiasih selaku Pendamping UMKM Inspiratif.

Pengembangan UMKM di Tempel bertujuan untuk mewujudkan One Village, One Product atau memaksimalkan potensi produk khas yang ada di beberapa kalurahan atau desa di Kapanewon Tempel.

Kapanewon Tempel memiliki beberapa potensi produk khas yakni dari mulai kuliner seperti yang ada di Lumbungrejo dengan Jadahnya kemudian Banyurejo yakni Bebek Bacem serta Brongkos. 
Kemudian disusul Pondokrejo dengan kerajinan payung.

Pascapandemi Covid-19, ekonomi masyarakat terus ditingkatkan, salah satunya melalui kegiatan dan inovasi pengembangan UMKM. Kapanewon Tempel salah satunya yang kini telah memiliki Garasi UMKM untuk melakukan pengembangan UMKM di Sleman.

Garasi UMKM tersebut dapat bermanfaat dan merupakan salah satu upaya kapanewon memfasilitasi pelaku UMKM di Tempel.Termasuk memberikan akses serta pendampingan kepada UMKM di Tempel dari mulai produksi hingga pemasarannya.

Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kepala Dinas Koperasi UKM DIY mengatakan pengembangan pasar di luar DIY menjadi kebutuhan yang penting dilakukan agar produktifitas dapat terus ditingkatkan melalui keterserapan pasar yang lebih tinggi. 
 
Dinas Koperasi dan UKM DIY sendiri, terus berkolaborasi dengan para pelaku usaha di DIY yang tergabung dalam asosiasi/koperasi salah satunya membentuk Jendela Sibakul sebagai jendela bagi masyarakat luas untuk dapat mengenal sekaligus berbelanja produk-produk unggulan yang ada di DIY secara offline.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment