News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kampus Peduli Bencana, UPNVYK Gelar Simulasi Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana

Kampus Peduli Bencana, UPNVYK Gelar Simulasi Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana


WARTAJOGJA.ID : Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNYK) menggelar simulasi penangan bencana, Jumat (26/4/2024) dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana.
Simulasi dipusatkan di Laboratorium Terpadu dan Gedung Layanan Akademik Prof Dr HR Bambang Soeroto UPNYK. Simulasi ini kebencanaan ini untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan civitas akademik UPNYK. 

Kegiatan diikuti sekitar 100 peserta dari unit-unit satuan kerja di lingkungan UPNYK. Mulai perwakilan fakultas, kantor biro hingga unit kegiatan mahasiswa selama dua hari.

Seluruh peserta pada hari pertama Kamis (25/4) mendapatkan materi terkait pengurangan resiko bencana terdiri penanggulangan bencana kebakaran dan pertolongan pertama menangani pasien gawat darurat.

Kemudian dihari ke dua melakukan simulasi dan evakuasi mandiri bencana gempa bumi dan kejadian kebakaran, dilanjutkan praktek menangani kebakaran.

Adapun simulasi itu juga melibatkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta serta PMI DIY. Sebelum simulasi, peserta terlebih dahulu mengikuti workshop yang berlangsung sehari sebelumnya.

“Yogyakarta termasuk daerah yang rawan bencana, simulasi ini untuk kesiapan atas kebencanaan itu sekaligus mensosialisasikan kampus UPNVYK sebagai kampus yang peduli mitigasi bencana," kata Ketua Penyelenggara Arif Rianto Budi Nugroho di sela simulasi.

Arif menjelaskan simulasi yang dilakukan antara lain simulasi menghadapi situasi gempa bumi juga bencana kebakaran. 
“Potensi bencan gempa bumi yang rawan terjadi di Yogyakarta perlu diwaspadai, terlebih UPNYK banyak memiliki gedung-gedung tinggi,” kata Arif.

Dia menegaskan seluruh konstruksi bangunan di lingkungan kampus telah dirancang tahan gempa bumi.

"Bangunan sudah dikonstruksikan untuk tahan gempa terutama untuk gedung-gedung baru, terbukti pada kejadian gempa bumi 2006 tidak ada yang roboh, hanya bagian genting melorot saja,"imbuhnya.

Untuk simulasi penanganan bencana kebakaran, para peserta dilatih cara memadamkan api dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta. Sedangkan untuk praktek dan instruktur juga melibatkan tim dari PMI DIY.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment