News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jelang Libur Lebaran, Ketua Komisi B DPRD DIY Dorong Mitigasi Kepadatan Lalin

Jelang Libur Lebaran, Ketua Komisi B DPRD DIY Dorong Mitigasi Kepadatan Lalin

WARTAJOGJA.ID : Seminggu jelang Hari Raya Idul Fitri, sudah terasa ada peningkatan arus lalu lintas menuju DIY. 

Cukup banyak kendaraan bernomor luar daerah masuk wilayah Yogayakarta. Suasana mudik lebaran kembali hadir. Selain momentum untuk silaturahmi, libur lebaran juga akan menaikan kunjungan wisata bulan ini di DIY.

Seperti tahun lalu, diproyeksikan ada jutaan pemudik akan masuk daerah ini. Jumlah ini akan meningkat dengan adanya kunjungan wisatawan libur lebaran di berbagai destinasi wisata DIY. Peningkatan mobilitas ini sudah seharusnya dikelola dengan baik sehingga semua lancar, aman dan menyenangkan. 

Ketua Komisi B DPRD DIY Andriana Wulandari, SE mendorong Pemda DIY beserta aparat yang bertugas untuk meningkatkan mitigasi. 

"Titik-titik rawan kecelakaan dan kemacetan menjadi prioritas untuk diperhatikan. Tahun ini harus ada target mudik dan liburan lebaran di DIY nihil kecelakaan," kata Andriana dalam konferensi pers Jumat 5 April 2024.

Menurutnya, diperlukan kesiapsiagaan berbagai instansi, khususnya Dinas Perhubungan, Polisi, TNI, Satpol PP, OPD terkait lainnya, termasuk para relawan. Intensitas koordinasi antar instansi sangat diperlukan. Para petugas harus secara nyata ada di lapangan untuk memantau dan mengatur lalu lintas sehingga proses mudik berjalan lancar. 

"Lengkapi rambu-rambu lalu lintas, termasuk penerangan jalan khususnya pada zona-zona rawan kecelakaan," kata Andriana.

Sisi lain, lanjut Ndari panggilan akrab politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan bahwa adanya mudik lebaran akan menaikan kunjungan wisataawan di DIY.

Sektor pariwisata akan mendapat berkah dari libur lebaran. Pelaku sektor pariwisata tetap diminta menjaga citra positif wisataDIY. 

Sikap ramah perlu dikedepankan, dan tidak boleh ada kasus “nuthuk” harga. Tantangan yang perlu diantisipasi adalah kemacetan lalu lintas dan soal kebersihan pada berbagai destinasi wisata, khususnya pada wisata pantai. 

Melonjaknya wisatawan, khususnya wisata Pantai, jangan sampai membuat lengah petugas untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengunjung. 

"Petugas pada setiap destinasi wisata bersiap siaga dan terus mengingatkan pengunjung untuk memastikan keselamatan dalam berwisata," pungkas Andriana.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment