News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Kapanewon Srandakan Bantul, Sarasehan Sibakul Perkuat Eksistensi UMKM

Di Kapanewon Srandakan Bantul, Sarasehan Sibakul Perkuat Eksistensi UMKM

WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Sabtu 06 April 2024 di Balai Kel. Poncosari, Jalan Pandansimo KM 3, Kel, Poncosari, Kap. Srandakan, Kab. Bantul.

Sarasehan bertema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa itu menghadirkan Narasumber  Andriana Wulandari, SE selaku Anggota DPRD DIY,  H. Supriyanto, SE., S.Pt selaku Lurah Poncosari , Praktisi Branding/Pendamping UMKM Inspiratif, dan Wisnu Hermawan, S.P., M.T. selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY.

Kalurahan Poncosari Srandakan Bantul merupakan sentra UMKM berkembang. Kelompok UMKM di Poncosari Srandakan diantaranya bergerak di bidang produksi abon berbahan ikan lele. Ide usaha ini berawal dari ibu-ibu di wilayah itu ingin agar anak-anaknya gemar mengonsumsi ikan. Sehingga pada akhirnya ibu-ibu di sana membentuk kelompok UMKM pengolahan abon ikan lele.

Pasar yang menerima produk UMKM in ada beberapa macam. Tujuan dibuat abon ikan lele adalah untuk menambah nilai jual lele ukuran besar yang tidak diminati konsumen. Tantangan bidang produksi sebelumnya terkait tata cara mengolah ikan lele menjadi abon. Adapun dari segi pemasaran adalah tentang merk, kemasan, mekanisme pemasaran, dan pangsa pasar. 

Wilayah Srandakan Bantul memiliki beragam sumber daya alam yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk membuka usaha. Karena itu, UMKM yang tumbuh pun bermacam-macam. Termasuk kerajinan seperti Batik hingga Mie Lethek.

Wisnu Hermawan, S.P., M.T. selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY mengatakan dari Sarasehan Sibakul ini hadir untuk memberikan pencerahan bagi masyarakat tentang kebijakan pembangunan daerah dengan menggali kearifan local yang memiliki nilai universal  dalam membangkitkan perekonomian daerah.  

Acara ini bertujuan melakukan sosialisasi kebijakan pemulihan ekonomi daerah pada wilayah desa-kal budaya/desakal wisata/kawasan miskin/kawasan strategis lainnya dengan mengoptimalkan potensi UMKM local.

"Juga melakukan dialog dalam menggali potensi usaha dan semangat enterprenerspirit local, dan
memberdayaan potensi local dalam sarasehan sibakul untuk memahami geliat upaya pembangunan daerah yang memberdayakan dan saling menginspirasi," kata dia.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment