News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Terakreditasi Unggul Pertama Di Indonesia, Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit Universitas Alma Ata

Terakreditasi Unggul Pertama Di Indonesia, Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit Universitas Alma Ata

                     Universitas Alma Ata

WARTAJOGJA.ID : Jumlah rumah sakit di Indonesia baik rumah sakit pemerintah maupun swasta terus mengalami kenaikan.

Berdasarkan data Kemeterian Kesehatan (Kemenkes) bulan Februari 2024, tercatat 3.169 Rumah Sakit yang tersebar di seluruh Indonesia; 70 RS  Kelas A, 439 RS Kelas B, 1.692 RS Kelas C, 888 RS Kelas D, 68 RS tipe D Pratama dan 12 RS Kelas belum ditentukan. 

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta. Dengan demikian kebutuhan tenaga ahli di bidang perumah-sakitan dan tenaga kesehatan lainnya akan terus bertambah. 

Prodi Administrasi Rumah Sakit (ARS) Universitas Alma Ata menjawab tantangan penyediaan tenaga professional dan expert dalam bidang perumahsakitan, seiring pertumbuhan Rumah Sakit yang terus meningkat di Indonesia.  

"Untuk memastikan agar lulusan prodi S1 ARS UAA mempunyai kompetensi lulusan yang memadai dan mempunyai daya saing internasional, maka Prodi ARS terus berbenah pada semua aspek akademik maupun non-akademik, dan terutama pada upaya penjaminan mutu Pendidikan," tandas Prof. Dr. H. Hamam Hadi, Rektor Universitas Alma Ata Minggu (3/3/2024).

Sebagai wujud keseriusan UAA dalam menjamin kualitas lulusan, maka secara periodik Prodi S1 ARS UAA diajukan untuk diakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). 

Sejak berdiri pada tahun 2016, Prodi S1 ARS UAA telah 2 (dua) kali diakreditasi oleh LAM-PTKes. 

Terakhir Prodi S1 ARS UAA diakreditasi oleh LAM-PTKes pada bulan Oktober 2023. Alhamdulillah, berkat rahmat Alloh SWT disertai ikhtiar terbaik seluruh jajaran pimpinan dan team UAA, Prodi S1 ARS UAA melalui SK Nomor 0830/LAM-PTKes/AKR/Sar/XI/2023 dinyatakan terakreditasi UNGGUL.

Prestasi ini menempatkan Prodi S1 ARS UAA tercatat sebagai Prodi S1 ARS PERTAMA TERAKREDITASI UNGGUL oleh LAM-PTKes dari 92 prodi S1 ARS yang ada di seluruh Indonesia.

"Akreditasi oleh Lembaga Independen LAM-PTKEs memberikan jaminan bahwa Prodi pada Perguruan Tinggi tersebut telah memenuhi kriteria mutu yang sudah di tetapkan dan menjadi tolak ukur atas kualitas, akuntabilitas dan transparansi dari Lembaga Pendidikan," kata Rektor.

Dengan Terakreditasi Unggul-nya Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit UAA, insyaAlloh menjadi sumber spirit baru terutama bagi pengelola Prodi S1 ARS UAA untuk terus meningkatkan kualitas lulusan serta melakukan inovasi-inovasi pada semua aspek akademik maupun manajemen prodi.

"Agar senantiasa bisa menyiapkan lulusan yang tidak hanya kompeten di bidangnya tetapi juga mempunyai kemampuan adaptasi terhadap perubahan sebagai akibat tuntutan zaman, kebutuhan masyarakat dan berkembangnya ilmu penegetahuan dan teknologi," pungkas Prof. Dr. H. Hamam Hadi selaku Rektor Universitas Alma Ata.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment