News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan SIBAKUL di Moyudan Sleman, UMKM Perlu Terus Berinovasi

Sarasehan SIBAKUL di Moyudan Sleman, UMKM Perlu Terus Berinovasi

WARTAJOGJA.ID : Joglo Gatak      Sumberagung Moyudan, Area Sawah, Kalurahan Sumberagung, Kapanewon Moyudan, Kabupaten Sleman Yogyakarta menjadi pusat Sarasehan SIBAKUL yang digelar Dinas Koperasi UKM DIY pada Selasa tanggal 19 Maret 2024.

Hadir sebagai narasumber Sarasehan bertema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa antara lain Syukron Arif Muttaqin, SE (Anggota DPRD DIY), Wisnu Hermawan, S.P., M.T. (Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY ), Drs. H. Duldjiman (Lurah Sumberagung), Kasiyam (Pemilik Tunggak Semi Handicraft Malangan Moyudan Sleman)

Di Kabupaten Sleman terdapat sebanyak 109.759 UMKM yang terdiri dari 109.579 usaha mikro, 168 usaha kecil dan 11 pelaku usaha menengah.
Untuk produk UMKM diantaranya pada bidang kuliner, kerajinan, fesyen.

Moyudan Sleman merupakan salah satu sentra kelompok usaha bersama  kain tenun produk rumahan. Usaha ini sebagai pendorong perekonomian warga setempat.

Objek wisata Studio Alam Gamplong juga berada di Kapanewon Moyudan, Sleman.

Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kadiskop UKM DIY mengatakan
Dinkop UMKM DIY senantiasa berkomunikasi dengan para pelaku usaha mikro maupun kecil dan menengah untuk menjaga integritas dan bersedia meningkatkan SDM.

"Dari sisi SDM bagaimana kesiapan mereka saat komunikasi juga integritas komitmen menjaga kualitas produknya, dari sisi produk kami terus benahi bagaimana legalitasnya, formal dan informalnya. Jadi mereka formal dari lembaganya tapi juga produk-produknya,"

Siwi meminta pelaku UMKM yang belum mendaftarkan lembaganya untuk segera mendaftar, agar pemerintah mudah mengawasi dan memberikan pendampingan.
Pemerintah DIY juga bersedia memberikan pelatihan manajemen atau tata kelola keuangan supaya pelaku UMKM jauh lebih baik. 

Dinas Koperasi UKM DIY tetap konsisten berupaya melakukan revitalisasi ekonomi yang tetap mendasarkan pada cara-cara yang meneguhkan pengembangan transformasi usaha pada berbagai aspek, seperti diantaranya kebijakan  melalui system SIBAKUL JOGJA. 

Salah satu upaya strategisnya adalah menyelenggarakan sarasehan UMKM yang diadakan pada lokasi perdesaan dan juga beberapa wilayah perkotaan yang strategik. Harapannya, terjadi silang diskusi, masukan, hingga pencerahan dan inspirasi antar pemangku kepentingan yang lintas sector maupun lintas kewenangan, dalam membangun ekonomi perdesaan yang berbasis UMKM pada wilayah setempat. 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment