News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan Sibakul Di Donotirto Bantul, Motivasi UMKM Kian Percaya Diri Kembangkan Inovasi

Sarasehan Sibakul Di Donotirto Bantul, Motivasi UMKM Kian Percaya Diri Kembangkan Inovasi

WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY dalam pemberdayaan UMKM pada wilayah perdesaan untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah secara komprehensif dan skema pengelolaan desa mandiri budaya menggelar Sarasehan SIBAKUL kembali pada Selasa 26  Maret 2024.

Sarasehan yang dipusatkan di Balai Kel. Donotirto, Kel. Donotirto, Kap. Kretek, Kab. Bantul itu mengusung
tema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa.

Hadir sebagai narasumber Tustiyani, SH selaku Anggota DPRD DIY, 
Dwi Pudiayaningsih selaku Wakil Ketua TPPKK Bantul, Wisnu Hermawan, S.P., M.T. selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY dan Lurah Donotirto.

Desa Donotirto merupakan salah satu Desa di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa yogyakarta. 

Desa Donotirto berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Kabupaten Bantul dan 1 km arah barat daya dari Kantor Camat Kretek. Desa ini merupakan salah satu desa yang memiliki posisi cukup strategis karena berada pintu masuk kawasan wisata Pantai Parangtritis. 
 
Di Desa Donotirto terdapat ratusan UMKM baik di bidang usaha kerajinan, produk olahan pangan maupun usaha warung kelontong.

Melalui Sarasehan Sibakul di Donotirto ini ditekankan pentingnya motivasi para pelaku UMKM untuk meningkatkan keahlian, pengetahun dan pengelolaan usaha. Untuk menjadi wirausaha di antaranya perlu punya tingkat percaya diri yang tinggi, berorientasi pada tugas dan hasil, keberanian mengambil resiko, jiwa kepemimpinan, berorientasi ke masa depan, memiliki jiwa kreatif dan inovatif. Para pelaku UMKM juga perlu memiliki sifat percaya diri dalam menjalankan usahanya.

Wisnu Hermawan, S.P., M.T. selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY membeberkan 
pada tahun 2024 ini, skema pembangunan kawasan perdesaan dan perkotaan yang berkelanjutan dengan pemberdayaan UMKM secara berkelanjutan harus kembali digiatkan seiring dengan upaya pengentasan kemiskinan, penurunan ketimpangan, dan menekan angka pengangguran; melalui kegiatan ekonomi produktif. 
 
Berpijak pada hal tersebut, Dinas Koperasi UKM DIY tetap konsisten berupaya melakukan revitalisasi ekonomi yang tetap mendasarkan pada cara-cara yang meneguhkan pengembangan transformasi usaha pada berbagai aspek. Salah satunya melalui gelaran Sarasehan SIBAKUL.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment