News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Program Studi Internasional Teknik Industri FTI UII Yogya Gelar Educational Visit ke Jepang

Program Studi Internasional Teknik Industri FTI UII Yogya Gelar Educational Visit ke Jepang

WARTAJOGJA.ID : Program Studi Internasional Program Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII) Yogyakarta kembali melaksanakan program tahunan Educational Visit 2024.

Ada sebanyak 16 mahasiswa terlibat dalam kegiatan itu.

Educational visit merupakan serangkaian kegiatan outbound mobility yang bertujuan untuk memberikan pengalaman internasional secara langsung bagi mahasiswa serta menjalin kerjasama dengan universitas atau perusahaan di luar negeri. 

Negara yang menjadi destinasi pada program Educational Visit yang diselenggaran pada tanggal 27 Februari hingga 4 Maret 2024 ini adalah Jepang.

"Perjalanan ini bertujuan memberikan pengalaman unik kepada para mahasiswa dalam memahami aspek budaya dan industri yang menonjol di Jepang, dengan menawarkan serangkaian kegiatan yang melibatkan kunjungan ke universitas terkemuka dan perusahaan-perusahaan industri ternama," kata Annisa Uswatun Khasanah, S.T., M.Sc selaku Dosen Jurusan Teknik Industri FTI UII Yogyakarta Selasa (26/3).

Uswatun menambahkan salam kunjungan ke universitas, mahasiswa berkesempatan menyelami atmosfir akademik di dua institusi pendidikan unggulan, University of Tokyo dan Kyusu University. 


Mahasiswa berinteraksi langsung dengan profesor-profesornya dalam short lecture yang memperdalam pemahaman mereka tentang bidang teknik terutama terkait dengan isu efisiensi energi. Selain itu, mereka juga memperoleh wawasan praktis dengan mengunjungi laboratorium-laboratorium terkemuka yang ada di kedua universitas tersebut. 

Saat mengunjungi Univerity of Tokyo, mahasiswa mendapatkan kesempatan belajar mengenai energi masa depan yang bersumber dari hidrogen di Laboratorium Professor Muhammad Aziz, yang merupakan salah satu Professor di University of Tokyo yang berasal dari Indonesia. Sedangkan di University of Kyusu mahasiswa belajat terkait efisiensi energi bersama Professor Takahiko Miyazaki, Professor dan Hooman Farzaneh.  

Sementara itu, dalam kegiatan company visit, mahasiswa diberikan kesempatan langka untuk memahami secara mendalam proses manufaktur kendaraan di perusahaan-perusahaan otomotif terkemuka Jepang, seperti Yamaha, Toyota, dan Suzuki. 

Mereka diberikan pandangan dekat tentang teknologi terbaru yang digunakan dalam pembuatan kendaraan dan memahami langkah-langkah yang ditempuh dalam proses produksi. Mahasiswa juga belajar secara langsung terkait beberapa materi yang telah dipelajari di kelas seperti konsep Kaizen, Poka Yoke, dan 5S. 

Tak hanya itu, mahasiswa juga akan menjelajahi keindahan alam dan budaya Jepang melalui kunjungan ke destinasi wisata terkenal seperti Gunung Fuji, kuil-kuil kuno yang mempesona, dan pusat kehidupan modern di Jepang. Ini tidak hanya menjadi momen untuk mengembangkan pengetahuan tentang budaya Jepang, tetapi juga sebagai pengalaman mendalam dalam memahami cara hidup masyarakat Jepang.

Program Studi berharap dengan memfasilitasi mahasiswa dengan program seperti ini dapat  memperluas wawasan mereka dalam konteks global dan memberikan inspirasi baru dan memotivasi mereka untuk mengejar keunggulan dalam studi dan karir mereka di masa depan.

Ir. Ira Promasanti Rachmadewi, M.Eng selaku Sekretaris Program Studi Teknik Industri – Program Sarjana (Internasional) FTI UII mengatakan Program Educational Visit 2024 diselenggarakan dengan empat tujuan.

Pertama, Exploring smart manufacturing in Japan di mana
Peserta mengunjungi Haneda Chronogate (The Future Logistic),  Suzuki dan Yamaha motor. Haneda Chornogate merupakan Perusahaan logistic yang telah menggukan Teknologi dalam 4.0 dan disebut sebagai The Future of Logistic. "Suzuki dan Yamaha motor merupakan dua  perusahaan terkemuka di dunia yang menghasilkan mobil  dan sepeda motor sejak puluhan tahun yang lalu,"


Kedua untuk Cultural Immersion. 
Mahasiswa mengunjungi dua universitas terkemuka Jepang  yaitu University of Tokyo (Todai) dan Kyushu University. Melalui kunjungan ini, mahasiswa akan melakukan pelatihan (one day training) dan campus tour. 

"Pengalaman ini sangat berharga bagaimana lingkungan pembelajaran di universitas luar negeri. Kunjngan selanjutnya adalah ke The Future City Yokohama Smart City. Mahasiswa diharapkan dapat merasakan secara langsung bagaimana konsep Smart City diterapkan dan dirasakan secara langsung.  Kunjungan menarik selanjutnya adalah ke Robot Café , dimana pelayanan di café akan dilakukan oleh robot," kata dia.

Ketiga Global experience. Selama mengunjungi universitas, perusahaan, lingkungan budaya dan tradisi negara Jepang serta mahasiswa akan berinteraksi secara langsung, sehingga akan melatih kepercayaan diri, kreativitas, kemandirian, serta wawasan global yang sangat dibutuhkan untuk fondasi pengembangan masa depan mahasiswa. 

Keempat International collaboration.
Melalui educational visit 2024, Program Studi Teknik Industri berencana membangun kolaborasi dengan University of Tokyo dan Kyushu University, dimana kedua universitas tersebut merupakan perguruan tinggi terkemuka di dunia. "Kerjasama dilaksanakan dalam bidang pendidikan seperti visiting lecturer dan pertukaran pelajar," pungkas dia.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment