News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kembali Digelar, Pemkot Yogya Apresiasi Konsitensi Kampoeng Ramadhan Masjid Jogokariyan

Kembali Digelar, Pemkot Yogya Apresiasi Konsitensi Kampoeng Ramadhan Masjid Jogokariyan

WARTAJOGJA.ID : Salah satu tempat ngabuburit di Kota Yogyakarta yang selalu diserbu pengunjung saat bulan ramadhan tak lain Kampoeng Ramadhan Jogokariyan atau KRJ yang lokasinya di Jalan Jogokariyan Matrijeron Kota Yogyakarta.

Selama 20 tahun terakhir, Kampoeng Ramadhan Jogokariyan yang digagas para pengelola Masjid Jogokariyan itu tak pernah sepi pengunjung saat momen jelang berbuka puasa.

Ada apa sebenarnya di Kampoeng Ramadhan Jogokariyan itu yang membuat pengunjung dari berbagai wilayah Yogya berdatangan ?

Ketua takmir Masjid Jogokariyan Yogyakarta Muhammad Rizqi Rahim menuturkan selama 20 tahun terakhir, 
Kampoeng Ramadhan Jogokariyan konsisten menghadirkan Pasar Sore Ramadhan yang melibatkan ratusan UMKM dan menyediakan ribuan porsi buka puasa gratis dalam wadah piring.

Wadah piring untuk buka puasa itu menjadi satu upaya dalam mengurangi sampah. Dan seluruh sajian buka puasa dipersiapkan secara mandiri dengan gotong royong warga. 

"Setiap hari selama Ramadan, Masjid Jogokariyan menyediakan buka puasa sebanyak 3.500 piring yang masakannya dimasak oleh 27 kelompok ibu-ibu Dasawisma di Jogokariyan," kata Rizqi di sela pembukaan Kampoeng Ramadhan Jogokariyan Senin 11 Maret 2024.

Tak hanya itu. Yang juga membuat pengunjung bersemangat menyambangi Jogokariyan saat ngabuburit karena banyaknya ragam kuliner berbuka yang disediakan di sana dengan harga terjangkau.

"Pasar sore ramadhan tahun ini melibatkan 324 pedagang dan sebagian besar dari warga Jogokariyan," kata Rizqi.

Selain pasar sore nan meriah dan buka puasa bersama, di Masjid Jogokariyan juga kerap mendatangkan sederet tokoh dan ulama kondang untuk hadir diskusi pasca buka bersama dan salat tarawih.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan selama 20 tahun ini Masjid Jogokariyan konsisten, tidak hanya menjadi tempat bertemu dan aktivitas peribadahan, tapi menjadi sentra ekonomi serta sosial di kawasan tersebut.

"Kegiatan di Masjid Jogokariyan itu tak hanya aktivitas peribadahan, tapi juga benar benar menggerakan UMKM kawasan," kata dia.

Keberadaan Masjid Jogokariyan, kata Singgih, terbukti mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan keagamaan, sosial dan pemberdayaan UMKM dan menggerakan ekonomi masyarakat.
 
Salah seorang pengunjung Kampoeng Ramadhan Masjid Jogokariyan, Rahmi Austin event itu membuatnya bisa membeli berbagai kuliner lengkap sembari menunggu buka puasa. 

"Buat saya ini menarik sekali. Selain kita bisa ngabuburit, bisa jajan-jajan untuk buka puasa. Di sini juga ada buka puasa gratis itulah yang ditunggu warga, termasuk saya," ujar Rahmi yang sudah dua tahun ini selalu menyambangi event itu.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment