News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DPRD DIY : Kelurahan Dapat Tambahan Dana Pemajuan Pembangunan Minimal Rp 1 Miliar Pertahun

DPRD DIY : Kelurahan Dapat Tambahan Dana Pemajuan Pembangunan Minimal Rp 1 Miliar Pertahun

WARTAJOGJA.ID: Peraturan Daerah (Perda) DIY nomor 3 tahun 2024 tentang Pemajuan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan dan Kelurahan resmi disetujui bulan Maret 2024 ini. 

Mulai tahun 2025, tiap kalurahan dan kelurahan di DIY akan mendapat tambahan dana minimal Rp 1 miliar per tahun.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto mengatakan Perda tersebut mewajibkan Pemda DIY memberikan alokasi anggaran secara adil dan merata untuk kalurahan dan kelurahan di seluruh DIY. 

Memang menurut Eko, tak disebutkan angka dalam Perda, namun demikian akan memperjuangkan minimal Rp 1 miliar per kalurahan/kelurahan.

"Ini berbeda dengan anggaran dana desa atau fiskal kelurahan di Kota Yogyakarta. Tapi disebut sebagai dana pemajuan pembangunan kalurahan dan kelurahan. Kami usulkan paling tidak minimal Rp 1 miliar per tahun tiap kalurahan/kelurahan," ungkapnya pada wartawan, Rabu (20/3/ 2024).

Pemda DIY menurut Eko diharapkan konsisten melaksanakan perda tersebut dengan memberikan dana anggaran. Diharapkan dengan tambahan dana, kelurahan dan kalurahan bisa menjadi pusat pelayanan publik, pengembangan ekonomi rakyat dan pusat kebudayaan.

“Kalau kita hitung Maret maka pelaksanaannya harus dilaksanakan enam bulan ke depan, September. Saat pembahasan APBD 2025, Perda ini sudah jadi payung hukum. Alokasi anggaran disesuaikan kemampuan keuangan daerah,” sambung politisi PDI Perjuangan yang kembali terpilih periode 2024-2029 ini.

Menurut Eko, tak berlebihan menganggarkan minimal Rp 1 miliar untuk tiap kalurahan dan kelurahan di DIY. Pasalnya, ada Dana Keistimewaan yang bisa digunakan selain APBD DIY.

“BKK Kalurahan dari Danais tahun 2023 Rp 132 miliar. Maka kami perjuangkan minimal Rp 1 miliar per kelurahan. Kita lihat potensi, luas wilayah dan kepadatan penduduk juga potensi keistimewaan. Seturut hitungan, hanya butuh Rp 432 miliar saja untuk seluruh DIY, tidak berat kami Kira," pungkas dia. 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment