News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Plumbon Banguntapan Bantul, Sarasehan SiBakul Jogja Dorong UMKM Miliki Nilai Enterprenership.

Di Plumbon Banguntapan Bantul, Sarasehan SiBakul Jogja Dorong UMKM Miliki Nilai Enterprenership.


WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY menyelenggarakan  Sarasehan Sibakul Jogja pada hari Jumat 1 Maret 2024 bertempat di Joglo Omah Lintang, Plumbon,           Kalurahan Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul  Yogyakarta.

Hadir dalam kesempatan itu sebagai pembicara antara lain Basirudin selaku Lurah Banguntapan, Amir Syarifudin selaku Anggota DPRD DIY,  Wisnu Hermawan, S.P., M.T selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY dan Pendamping UMKM / Coach Pemateri / Motivator.

"Sarasehan Sibakul Jogja merupakan komitmen Dinas Koperasi UKM DIY dalam pemberdayaan UMKM pada wilayah perdesaan untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah secara komprehensif dan skema pengelolaan desa mandiri budaya," kata Wisnu Hermawan, S.P., M.T selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY.

Di Banguntapan Bantul, sejak pandemi Covid 19 melanda, pemerintah daerah bersama warga gotong royong menggeliatkan UMKM. Salah satunya melalui Gelar Pasar UMKM yang diselenggarakan
setiap hari Kamis.

Pasar Kamis Banguntapan terletak di sebelah timur kantor Kecamatan Banguntapan. Ada berbagai macam produk yang ditawarkan oleh para pedagang. Mulai dari produk semako, kuliner, tanaman, kerajinan, pakaian, dan produk lainnya.

Dari sisi harga, sudah tentu produk-
produk di Pasar UMKM Banguntapan
Bantul ini cenderung lebih murah jika
dibandingkan dengan produk yang
dijual di luar. Selisih harganya bisa
sampai 10% samnpai 20% lebih murah.

Jadi, Pasar Kamis Banguntapan ini punya daya tarik tersendiri bagi para
pengunjung yang datang.

Produk yang ditawarkan sangat
beragam. Ada produk-produk kuliner
mulai dari jajanan pasar, nminuman
tradisional, sampai makanan kekinian
tersedia. Untuk produk yang lain juga
ada seperti sembako, hasil pertanian,
tanaman, kerajinan, dan produk lainnya yang kebanyakan adalah produk buatan tangan.

Wisnu Hermawan menuturkan melalui sarasehan Sibakul Jogja yang mengusung tema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa dengan semangat gotong royong yang mendorong nilai-nilai enterprenership. 

"Sarasehan yang dilaksanakan pada wilayah perdesaan dan wilayah strategis potensial lainnya dengan branding Sarasehan SIBAKUL Jogja ini dimaksudkan untuk memberikan pencerahan bagi masyarakat tentang kebijakan pembangunan daerah dengan menggali kearifan local yang memiliki nilai universal  dalam membangkitkan perekonomian daerah," kata pungkas Wisnu Hermawan.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment