News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

BPJS Kesehatan Gencarkan Sosialisasi Kartu Digital

BPJS Kesehatan Gencarkan Sosialisasi Kartu Digital

WARTAJOGJA.ID – Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, BPJS Kesehatan terus mengembangkan inovasi dan transformasi digital. Hadirnya Aplikasi Mobile JKN sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan kemudahan akses digital bagi peserta. Aplikasi Mobile JKN merupakan bentuk pemanfaatan fitur-fitur teknologi guna memudahkan pelayanan bagi peserta agar lebih cepat dan kemudahan akses informasi pada layanan yang dibutuhkan. 

Aplikasi Mobile JKN menawarkan jalan layanan dalam satu genggaman yang dapat memudahkan peserta mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan praktis. Peserta dapat mengakses berbagai fitur pada Aplikasi Mobile JKN, termasuk salah satunya adalah fitur kartu digital. Menjadi salah satu inovasi yang terus digencarkan hingga saat ini, BPJS Kesehatan selalu mengupayakan penggunaan kartu digital agar menunjang kemudahan akses peserta terutama bagi peserta yang belum memiliki kartu fisik maupun kartu fisik yang hilang. 

Kehadiran kartu digital tidak hanya memberikan kemudahan akses layanan administrasi kepesertaan bagi peserta, namun juga memberikan konstribusi dalam tranformasi digital, yaitu peserta tidak perlu kembali untuk cetak kartu fisik. Kemudian, data yang muncul pada kartu digital di aplikasi Mobile JKN adalah data terbaru dan peserta tidak perlu melakukan cetak ulang jika terdapat perubahan data. 

Kemudahan yang tersedia saat ini merupakan wujud nyata dari upaya peningkatan pelayanan kepada peserta JKN. Selain kartu digital yang ada pada Aplikasi Mobile JKN, peserta juga dapat menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai tanda terdaftarnya kepesertaan di program JKN. Saat ini, akses layanan kesehatan JKN di fasilitas kesehatan baik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) cukup menunjukkan NIK saja.

BPJS Kesehatan Cabang Sleman melakukan sosialiasi kepada kader Puskesmas Cangkringan pada Kamis (28/02), di Puskesmas Cangkringan. Kegiatan ini menjadi salah satu cara untuk terus memperluas informasi terkait Aplikasi Mobile JKN kepada masyarakat. 

Salah satu peserta sosialisasi yang juga merupakan peserta JKN, Sugeng Raharjo, menyampaikan, layanan BPJS Kesehatan sekarang sangat mudah sekali, cukup menunjukan kartu digital dari Aplikasi Mobile JKN atau KTP sudah bisa dilayani dan tidak dipersulit.  

“Saya merasakan langsung, layanan JKN di fasilitas kesehatan baik FKTP maupun FKRTL sangat mudah, cepat dan setara. Sekarang juga BPJS Kesehatan gencar melakukan sosialisasi sampai ke puskemas-puskemas seperti ini. Kami sangat merasakan perhatian yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dan Puskesmas Cangkringan kepada kader wilayah Puskesmas Cangkringan,’’ tambah Sugeng. 

Pps. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sleman, Gallaeh Rama Erga Satria, menyampaikan berbagai informasi terkait layanan kesehatan yang dapat diakses dan dirasakan manfaatnya oleh peserta JKN. Sosialiasi kepada para kader sangat berguna sekali karena para kader ini merupakan ujung tombak dari BPJS Kesehatan untuk membantu menjawab pertanyaanpertanyaan yang sering dilontarkan oleh warga sekitar. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan informasi yang belum banyak warga ketahui agar dapat disebarluaskan dan diteruskan sehingga masyarakat dapat merasakan fasilitas dan askes dari program JKN secara merata,” kata Gallaeh.

Ia juga menambahkan, salah satu informasi yang belum banyak diterima masyarakat adalah kartu digital. Kemudahan layanan kesehatan saat ini cukup menggunakan kartu digital atau KTP. Kebijakan penggunakan kartu digital dan KTP diharapkan dapat mempermudah peserta JKN dan makin praktis dalam penggunaannya.

“Aplikasi Mobile JKN merupakan bentuk wujud inovasi dan transformasi digital BPJS Kesehatan yang ditujukan sebagai fungsi kemudahan akses bagi peserta JKN. Cukup dalam satu genggaman, semua layanan dapat di akses dari mana saja. BPJS Kesehatan kini makin mudah, cepat dan setara,” tutup Gallaeh.** 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment