News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UniRank 2024, Kampus UAA Raih Peringkat ke 5 PT Terbaik di Yogyakarta

UniRank 2024, Kampus UAA Raih Peringkat ke 5 PT Terbaik di Yogyakarta

Rektor Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta, Prof dr H Hamam Hadi 

WARTAJOGJA.ID : Lembaga pemeringkatan UniRank telah mengumumkan peringkat universitas di Indonesia pada tahun 2024.
Termasuk beberapa universitas atau perguruan tinggi yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 

Daftar pemeringkatan ini bisa menjadi salah satu referensi dalam menentukan kampus saat melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi.

Lembaga pemeringkatan UniRank memberikan peringkat 596 universitas terbaik di Indonesia tahun 2024. Dalam daftar Top 100 Universitas di Indonesia Versi UniRank 2024, terdapat 55 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 45 perguruan tinggi swasta (PTS).

Salah satu universitas terbaik di Yogyakarta diketahui adalah Universitas Alma Ata (UAA).

Universitas Alma Ata masuk dalam
rangking 5 kampus terbaik se-Daerah Istimewa Yogyakarta dan rangking 
Rangking 35 dari 596 universitas di Indonesia.

Dan di kategori universitas swasta, UAA berada di urutan nomor 12 se-Indonesia.  

"Bulan Februari 2024 ini, UniRank telah memperbaharui perangkingan universitas dan menempatkan UAA sebagai kampus terbaik di posisi ke-5 di Daerah Istimewa Yogyakarta setelah UGM, UNY, UII, UMY atau posisi ke-3 untuk universitas swasta terbaik di Yogyakarta," kata Rektor Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta, Prof dr H Hamam Hadi Kamis (22/2).
  
Perlu dicatat, UniRank melakukan perangkingan perguruan tinggi berdasarkan tiga kriteria. Pertama, disewa, dilisensikan atau diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi Indonesia yang sesuai. 

Kedua menawarkan setidaknya gelar sarjana tiga tahun atau gelar master atau doktoral pascasarjana. Ketiga menyelengarakan kursus terutama dalam format pendidikan tradisional non-jarak jauh.

"Penilaian yang dirilis UniRank berdasarkan metrik web yang valid, tidak memihak dan tidak dapat dipengaruhi, yang disediakan oleh sumber intelijen web independen, bukan data yang dikirimkan oleh universitas itu sendiri,” urai Rektor UAA.

Rektor menyatakan bersyukur karena UAA sudah masuk 50 besar universitas terbaik di Indonesia.  

Sebab penilaian ini juga berdasarkan atas produktivitas penelitian dan kerjasama yang selama ini dilakukan UAA. Sejauh ini UAA sudah bekerjasama dengan berbagai institusi pendidikan besar di Amerika, Thailand, Malaysia, Taiwan dan beberapa negara lain.  

“Networking merupakan bagian yang membantu kita mempercepat kenaikan rangking, ke depan tentunya networking ini akan kita perluas, yang didalamnya ada kerjasama dalam penelitian dan publikasi,” terangnya.  

Ia juga berharap, dengan rangking ini, masyarakat luas baik di dalam maupun luar negeri semakin menjadikan UAA sebagai tujuan menempuh pendidikan.

"Terlebih dari tahun ke tahun makin banyak prodi yang meraih Akreditasi Unggul," kata Rektor.

Salah satunya adalah Prodi Administrasi Rumah Sakit (ARS) yang menjadi satu-satunya prodi ARS terakreditasi unggul di Indonesia. 

“Kami punya 20 prodi dan sudah 5 prodi yang terakreditasi Unggul. Saat ini dalam proses akreditasi internasional untuk 3 prodi, dalam waktu dekat juga menambah  2 prodi unggul," kata dia.

"Insyaallah di tahun ini kita lebih dari separuh prodi unggul dan ke depan menjadi  universitas yang bertaraf dan berdaya saing di tingkat internasional,” kata dia.

Sebagai salah satu upaya mempercepat pengembangan menjadi Universitas Kelas Dunia (World Class University), Universitas Alma Ata Yogyakarta terus mengembangkan networking dan kerjasama dengan beberapa universitas top di dunia baik di benua Asia, Australia, Eropa, maupun Amerika. 

Kerjasama tersebut meliputi kerjasama bidang penelitian dan publikasi karya ilmiah, pengembangan kurikulum, pertukaran dosen dan mahasiswa (faculty and student exchange).

Salah satu mitra Universitas Alma Ata di Amerika Serikat adalah the Johns Hopkins University (JHU) di Baltimore, Maryland. JHU merupakan salah satu universitas 10 top dunia: top 1 dunia di bidang public health, top 3 dunia di bidang nursing, dan top 4 dunia bidang kedokteran (medicine).

Hubungan antara UAA dan JHU sangat erat dan kuat, telah terjalin serta teruji dalam kurun waktu yang panjang. (Wit)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment