News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Stasiun Yogyakarta Direnovasi, Daop 6 Lakukan Penyesuaian Alur Penumpang

Stasiun Yogyakarta Direnovasi, Daop 6 Lakukan Penyesuaian Alur Penumpang

YOGYAKARTA - PT KAI Daop 6 Yogyakarta telah memulai proyek Beautifikasi Stasiun Yogyakarta pada Februari 2024 ini. Proyek renovasi diperkirakan memakan waktu kurang lebih 5 bulan dan diperkirakan selesai pada bulan Juni mendatang.

Dengan adanya kegiatan renovasi ini, Daop 6 melakukan penyesuaian alur penumpang KA di Stasiun Yogyakarta, khususnya di pintu timur yang lokasinya diakses melalui Jalan Pangeran Mangkubumi. Penyesuaian ini berlaku mulai tanggal 15 Februari 2024.

"Penyesuaian pertama yang kami terapkan adalag memindahkan area boarding gate manual dan pencetakan tiket di Pintu Timur Stasiun Yogyakarta. Semula berada di tengah, menjadi digeser ke area samping memanfaatkan pintu keluar darurat," terang Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta
Krisbiyantoro melalui siaran pers, Jumat (16/2/2024).

Untuk sementara waktu, Face Recognition Boarding Gate di pintu timur juga ditiadakan karena keterbatasan area. "Untuk kemudahan proses boarding dan lainnya, kami mengimbau pelanggan agar mengakses pintu selatan yang berada di Jalan Pasar Kembang," tambahnya.


Penyesuaian kedua yaitu area drop zone timur hanya dapat digunakan untuk kendaraan kecil seperti sepeda motor dan mobil kecil. Dropzone kendaraan besar dapat menggunakan akses masuk pintu selatan.

"Kami berharap para penumpang dapat memaklumi penyesuaian ini. Proyek renovasi dilakukan demi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sesuai visi yang diusung yakni menjaga nilai heritage dari Stasiun Yogyakarta," kata Kris.

Lebih lanjut dia menjelaskan tentang pentingnya pelaksanaan proyek beautifikasi. Menurut Kris, aktifitas transportasi antar kota yang sangat tinggi di Stasiun Yogyakarta, dapat mengakibatkan nilai heritage stasiun menjadi tergerus. 

Untuk menghindari hal itu, diperlukan rencana revitalisasi, tidak hanya pada skala bangunan, namun juga skala kawasan. Oleh karena itu, KAI memberikan sentuhan perubahan pada Stasiun Yogyakarta guna mempertahankan nilai historis stasiun.

"Dalam pelaksanaan proyek beautifikasi ini kami tidak hanya memperhatikan faktor estetika, tapi yang utama adalah keselamatan. Kami terus mengimbau agar pelanggan selalu mengikuti arahan dari petugas serta memperhatikan petunjuk-petunjuk arah untuk pengaturan arus," tandasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment