News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelajari Budaya, Alam Ganjar Bareng Cucu Sultan HB X Berwisata Keliling Keraton Yogya

Pelajari Budaya, Alam Ganjar Bareng Cucu Sultan HB X Berwisata Keliling Keraton Yogya

WARTAJOGJA.ID: Putra capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo, Alam Ganjar menyambangi Keraton Yogyakarta Selasa 6 Februari 2024.

Kedatangannya ke kediaman Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X itu disambut cucu Sultan HB X, Raden Mas Drasthya Wironegoro yang merupakan putra Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi.

Dalam kunjungan itu Alam Ganjar didampingi Drasthya berkeliling komplek Keraton, salah satunnya ke bagian museum. Untuk melihat sejumlah manuskrip dan peninggalan sejarah milik Keraton.

Keduanya selama berkeliling didampingi abdi dalem Satya Bilal dari Kawedanan Tandha Yekti Keraton Yogyakarta.

"Tadi muter-muter melihat koleksi, mulai dari arsip-arsip dan barang-barang keraton yang perlu dijaga," kata Alam.

Alam menuturkan lawatan ke Keraton Yogya ini menjadi kunjungannya kembali setelah sekian lama tak menyambangi keraton. Ia pun takjub dengan inovasi dan renovasi di dalam komplek keraton yang menurutnya bakal membuat pengunjung makin nyaman belajar sejarah. 

"Ada banyak inovasi di sini, perubahan ini akan membuat wisatawan semakin tertarik datang," ungkap Alam yang selama tur singkat itu juga membawa kamera poket miliknya untuk dokumentasi dan diunggah ke media sosialnya.

"Kalau mau feed (isi) instagram bagus, main ke sini (keraton Yogya) saja, banyak yang baru sambil belajar sejarah dan melestarikan kebudayaan," urainya. 

Cucu Sultan HB X, Drasthya juga mengaku senang bisa menemani Alam Ganjar berwisata keliling Keraton Yogya.

"Pasti senang didatangi (Alam),. untuk teman-teman yang mau berwisata di sini silahkan datang, pasti diterima dengan baik," kata dia.

Abdi Dalem Keraton Yogya yang mendampingi Alam dan Drasthya, Satya Bilal mengatakan kedatangan Alam ke Keraton dan belajar sejarah  menjadi salah satu contoh baik bagi generasi muda untuk melestarikan budaya di tengah pesatnya kemajuan teknologi saat ini 

"Yogyakarta memiliki banyak sekali peninggalan sejarah yang adiluhung dan perlu dikenalkan pada anak anak anak muda,"  kata Satya.

Kedatangan Alam Ganjar ke Yogyakarta bukan kebetulan. Sebab sang ayah, Ganjar Pranowo seharian ini turun berkampanye di Yogyakarta. Ganjar Pranowo diketahui memiliki sejumlah agenda di Yogya seperti di Embung Kaliaji Turi, RSUP Dr Sardjito serta ke Pondok Pesantren Krapyak.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment